EKSPLORASI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MASALAH NUMERASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Penulis

  • Putri Kholifatun Diniah Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Hana Puspita Eka Firdaus Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-4107-8053
  • Chusnul Khotimah Galatea Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-4572-5449

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v9i2.4246

Kata Kunci:

Berpikir Kreatif, Numerasi, Gaya Kognitif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterampilan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal numerasi ditinjau dari gaya kognitif yang dimiliki, yaitu sistematik, terintegrasi, dan terpisah (split). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis eksploratif, dengan subjek tiga siswa kelas VIII yang masing-masing merepresentasikan satu gaya kognitif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya kognitif, pemberian soal numerasi, wawancara, dan dokumentasi hasil kerja siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan indikator kreativitas meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap gaya kognitif menunjukkan kecenderungan yang berbeda dalam menampilkan keterampilan berpikir kreatif. Siswa dengan gaya sistematik hanya memenuhi satu dari empat indikator, yakni pada fluency. Siswa dengan gaya terintegrasi menunjukkan pemenuhan pada dua dari empat indikator, terutama fluency dan flexibility. Adapun siswa dengan gaya terpisah menunjukkan pemenuhan tinggi pada keempat indikator. Temuan ini memberikan gambaran bahwa gaya kognitif berperan dalam membentuk variasi cara berpikir kreatif siswa, dan dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam merancang pembelajaran numerasi yang responsif dan adaptif.

Biografi Penulis

Putri Kholifatun Diniah, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember

Putri Kholifatun Diniah adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember.

Hana Puspita Eka Firdaus, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember

Hana Puspita Eka Firdaus merupakan dosen pada Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember. Fokus penelitiannya meliputi pendidikan matematika, khususnya pemecahan masalah, numerasi, dan gaya belajar siswa. Ia telah menerbitkan sejumlah karya yang menekankan inovasi dan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa.

Chusnul Khotimah Galatea, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember

Chusnul Khotimah Galatea adalah dosen pada Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Jember. Fokus penelitiannya mencakup pengembangan media pembelajaran, literasi numerasi, serta penerapan teknologi dalam pembelajaran matematika. Beliau aktif menulis di berbagai jurnal nasional dan internasional, serta terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang mendukung peningkatan kompetensi guru.

Referensi

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Bell, H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). Wm. C. Brown Company Publisher.

Broverman, D. M. (1960). Dimensions of Cognitive Style. Journal of Personality, 28(2), 167–183. https://doi.org/10.1111/j.1467-6494.1960.tb01611.x

Coop, R. H. (1974). Cognitive style. In R. M. Gagné (Ed.), Psychology and the Problems of Society (257–272). Little, Brown, and Company.

Firdaus, H. P. E., Ningtyas, Y. D. W. K., & Hasanah, S. U. (2022). Proses Berpikir Siswa Ketika Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(2), 325–333. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13242

Fitria, L. D. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematika di SMPN 3 Bondowoso. Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. https://digilib.uinkhas.ac.id/27428/

Galatea, C. K., & Sari, N. A. R. (2022). Kemampuan Berpikir Analisis Siswa. Jurnal Gammath, 7(2), 76–85. https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8427

Giancola, M., Palmiero, M., Piccardi, L., & D’amico, S. (2022). The Relationships between Cognitive Styles and Creativity: The Role of Field Dependence-Independence on Visual Creative Production. Behavioral Sciences, 12(7). https://doi.org/10.3390/bs12070212

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi (Vol. 8, No. 9). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf

Hidayati, Y. M., Sukowati, B. A., & Hastuti, W. (2025). Kemampuan Berpikir Komputasi pada Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Ditinjau dari Gaya Kognitif. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 74–89. https://doi.org/10.31100/histogram.v9i1.4101

Ho, S., & Kozhevnikov, M. (2023). Cognitive Style and Creativity: The Role of Education in Shaping Cognitive Style Profiles and Creativity of Adolescents. British Journal of Educational Psychology, 93(4), 978–996. https://doi.org/10.1111/bjep.12615

Martin, L. P. (1998). The Cognitive-Style Inventory. The Pfeiffer Library, 8(1), 1–18. https://home.snu.edu/~jsmith/library/body/v08.pdf

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. https://core.ac.uk/download/pdf/267889498.pdf

Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 22(1), 65. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220105

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 34. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.266

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Napfiah, S. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 80. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1781

OECD. (2022). PISA 2022 Results. In Global Transfer Pricing: Principles and Practice: Fifth Edition: Vol. I. https://doi.org/10.4324/9781315730233-2

Prabowo, A. D., Mariani, S., & Agoestanto, A. (2024). Metasintesis: Analisis dan Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, Education, 8(1), 351–357. https://journal.matappa.ac.id/index.php/histogram/article/download/3342/1644/10229

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa di SMPN 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2). 242-246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Academic Journals, 6(7), 548–553. https://eric.ed.gov/?id=EJ936674

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Pemahaman_Pemecahan_Masalah_Berdasar_Gay/wxyPDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pemecahan+masalah&pg=PA20&printsec=frontcover

Thomas, G. L. (1990). Educational Psychology: A Realistic Approach. Longman.

Triyani, S., & Chumdari. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa melalui Soal Model PISA Berbasis Konteks Keislaman di Sekolah Dasar Muhammadiyah 15 Surakarta. El Banat, 15(44), 196–211. https://doi.org/10.54180/elbanat.2025.15.1.196-211

Woolfolk, A. (1993). Educational Psychology. Allyn and Bacon.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Citation Check