Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS bagi Guru-Guru
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1899
Keywords:
Pelatihan, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Perangkat pembelajaran,Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru SD Inpres Galangan Kapal IV tentang HOTS dan mengaplikasikannya dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Adapun kegiatan yang berkaitan adalah; 1) Memahami pentingnya perangkat pembelajaran berbasis HOTS; 2) Mengetahui teknik pembuatan perangkat pembelajaran l berbasis HOTS dan 3) Praktik membuat perangkat pembelajaran berbasis HOTS. Hasil dari kegiatan ini adalah: 1) Pelaksanaan kegiatan tepatnya di lokasi SD Kompleks Galangan Kapal Kecamatan Tallo Kota Makassar; 2) Observasi, yaitu mengadakan orientasi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para guru yang terkait dengan pembuatan perangkat pembelajaran HOTS; 3)Ceramah, dilakukan untuk memperkenalkan beberapa materi tentang Hakikat dan Pentingnya perangkat pembelajaran berbasis HOTS; 4) Demonstrasi, memberikan praktek langsung pada peserta dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis HOTS. Hasilnya adalah program terlaksana dengan lancar dan sesuai rencana, peserta memperlihatkan minat dan perhatian yang serius terhadap materi pelatihan, pengajaran dan penerapan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis HOTS.References
Achmad Fanani. 2017. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar . P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801 DOI: doi.org/10.21009/JPD.091.01
Agustini, Ferina & Khusnul Fajriyah. (2017). Problematika Pengembangan HOTS (Higher Order Thinking Skills) di Sekolah Dasar. Inovasi Pendidikan, 139-145.
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in your Classroom. Alexandria: Paperback.: Paperback.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nursalam. (2017). Pengukuran dalam Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press.
Magsino, R. M. (2014). Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem BAsed Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research , 1-6.
Purbaningrum, Kus Andidni. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahalan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. JPPM Vol.10. No. 2.
Widana, I Wayan. (2007). Modul Penyusunan Soal Hots . Jakarta
Wulandari, Septiya dkk. 2020. Pengembangan Soal Higher Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika. Vol.7, No.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.

MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



