Pelatihan Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Meneliti Guru
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1530
Keywords:
proposal, ptk, guruAbstract
Kemampuan meneliti bagi seorang guru merupakan sebagai tuntutan profesi dan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kuliatas diri. Salah satu hal yang bias dilakukan adalah dengan terampil menulis laporan penelitian tindakan kelas. Tujuan kegiatan ini adalah melatih keterampilan menulis penelitian tindakan kelas meningkatkan kebiasan meneliti pada guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah. Pelatihan ini berisi kegiatan. (1) Penjelasan Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas, (2) Pelatihan Pengelolaan Penelitian Tindakan Kelas, (3) Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas, (4) Penyusunan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas, (5) Penyusunan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas, (6) Pendampingan Kepada Para Peserta Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pelatihan menunjukkan, peserta/ guru merasa kesulitan dalam menuliskan latar belakang dan mengembangkan ide-ide dalam menulis laporan PTK.References
Ahmadi, Farid, Florentina Widihastrini, and Ghanis Putra Widhanarto. 2018. “Ibm Guru Sekolah Dasar Melalui.†Abdimas 22: 138.
Gunawan, Imam, Teguh Triwiyanto, and Desi Eri Kusumaningrum. 2018. “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama.†Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 1(2): 128–35. www.sciencedirect.com;
Jana, Padrul, and Bayu Pamungkas. 2018. “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sd Negeri Guwosari.†Abdimas Dewantara 1(1): 39.
Marwoto, Putut, Achmad Sopyan, Suharto Linuwih, and Bambang Subali. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat.†Jurnal Abdimas 17(2): 111–16.
Sekolah, D I, Menengah Atas, and S M A Negeri. “Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru.†2: 208–15.
Suciati, et, al. 2020. Self-Concept & Mathematics Achievement: A Meta analysis. Universal Journal of Educational Research. 8(12A): 7676-7681, 2020. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082554.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.

MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



