Pelatihan Pembuatan Cloth Book Educative sebagai Media Pengenalan Bilangan dan Geometri untuk Anak Usia Dini
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1483
Keywords:
Cloth Book Educative, Media Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini, Bilangan, Geometri,Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene dalam membuat media pembelajaran berupa cloth book educative. Hal ini didasarkan pada hasil survei yang telah dilakukan bahwa kemampuan guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene dalam membuat media pembelajaran sangat monoton dan terbatas sementara pengadaan media pembelajaran yang awet dan tahan lama membutuhkan biaya yang cukup besar. Solusi atas permasalahan tersebut berupa pemberian program pelatihan pembuatan cloth book educative untuk salah satu materi pelajaran yaitu pengenalan bilangan dan geometri meliputi pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan cloth book educative dasar tema pengenalan bilangan dan geometri sampai terbentuknya produk. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap persiapan dengan komunikasi dengan mitra terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran anak usia dini, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dengan memberikan penjelasan materi/teori dan melakukan praktek pembuatan cloth book educative, serta tahap monitoring dan evaluasi dengan mengukur keberhasilan pelatihan pembuatan media cloth book educative pada guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene. Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif terkhusus untuk materi pengenalan bilangan dan bangun datar.References
Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. http://digilib.unila.ac.id/11478/16/16. BAB II.pdf
Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Dari Bahan Bekas. Prodisiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang 2017, 460–462.
Muthaharoh, F., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Kelas IV SDN Cilegon 1. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 74–85.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. http://digilib.unila.ac.id/11478/16/16. BAB II.pdf
Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Dari Bahan Bekas. Prodisiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang 2017, 460–462.
Muthaharoh, F., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Kelas IV SDN Cilegon 1. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 74–85.
Nenny, M., & Rani, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 601–608. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7837
Nilmayani, Zulkifli, N., & Risma, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Terpadu Filosofia Kubu Babussalam Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–14.
Ulfah, A. A. (2017). Pembuatan Dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk Anak Usia Dini Di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.

MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



