Pengembangan Kreativitas Generasi Alpha Di Masa Covid-19 Melalui Yayasan Sanggar Genius
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i4.1365
Keywords:
Pengembangan kreativitas, Generasi Alpha, Desa BrengkokAbstract
This community service activity aims to develop the potential of children by providing a forum for the development of creativity for the Alpha generation through the genius studio foundation in Brengkok Brondong Lamongan Village, as well as fostering children's learning motivation. This community service activity was carried out at the Sanggar Genius Cumpleng Brengkok Foundation in Brondong Lamongan. This activity lasted for 3 weeks, this activity was followed by participants from SD/MI students in Brengkok Village. The implementation time of this Alpha generation creativity development activity is on Saturday - Monday at 13.30 WIB to 15.00 WIB. The implementation of this creative development is carried out through various stages including providing learning motivation - learning assistance - evaluation through competitions. As a result of this creativity development activity, parents find it helpful to develop their children's creativity, this activity also makes children more active, interactive and has increased self-confidence and increases children's learning motivation.References
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Atabik, A. (2018). Pendidikan Dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 149. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4270
Indrayana, M., Aryanto, H., & Christianna, A. (2018). Perancangan Buku Interaktif Pembelajaran Pengembangan Karakter Pada Generasi Alfa. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 1–10. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7511
Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02), 36–43. https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.
Zulfitria, & Arif, Z. (2019). Peran Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di Bimbel Hiama – Bogor. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.

MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.