PENGARUH FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MATH ANXIETY SISWA SMK

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v9i1.4166

Kata Kunci:

Flipped Classroom, Kemampuan Koneksi Matematis, Math Anxiety

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kelas terbalik (flipped classroom) terhadap kecemasan matematika dan keterampilan koneksi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Sebanyak 20 siswa kelas X TKJ di SMK Utama Bandar Lampung dipilih sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan berupa angket kecemasan matematika dan tes keterampilan koneksi matematis, yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistik dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kelas terbalik dapat menurunkan tingkat kecemasan matematika siswa, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,776 (> 0,05), sehingga H0 diterima. Sementara itu, kemampuan koneksi matematis siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan, dengan nilai signifikansi 0,124 dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan penolakan H0. Selain itu, uji-F terhadap kedua variabel menghasilkan nilai signifikansi < 0,05 dengan selisih 0,02, yang menandakan adanya pengaruh simultan model kelas terbalik terhadap kecemasan matematika dan keterampilan koneksi matematis. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kelas terbalik berpengaruh positif terhadap pengurangan kecemasan matematika serta peningkatan keterampilan koneksi matematis siswa pada mata pelajaran matematika.

ABSTRACT

This study aims to examine the effect of the flipped classroom learning model on students’ mathematics anxiety and mathematical connection skills. A quantitative approach with a quasi-experimental method was employed. The research involved 20 tenth-grade Computer Network Engineering students at SMK Utama Bandar Lampung as the sample. The instruments used included a mathematics anxiety questionnaire and a mathematical connection skills test, which were analyzed using statistical tests at a 0.05 significance level. The findings revealed that the flipped classroom model effectively reduced students’ mathematics anxiety, as indicated by a significance value of 0.776 (>0.05), leading to the acceptance of the null hypothesis (H0). Meanwhile, students’ mathematical connection skills showed significant improvement, with a significance value of 0.124 and hypothesis testing results indicating the rejection of the null hypothesis (H0). Furthermore, the F-test results for both variables showed a significance value below 0.05 with a difference of 0.02, indicating a simultaneous effect of the flipped classroom model on mathematics anxiety and mathematical connection skills. In conclusion, the implementation of the flipped classroom learning model positively impacts reducing mathematics anxiety and improving students’ mathematical connection skills in mathematics learning.

Referensi

Arifin, S., Setiawan, Y. E., & Faradiba, S. S. (2022). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 349–360. https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2430

Candra, S. P., Ulfah, A. D., Lily, Y., Panatap, S. J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1

Chairul, F., Irvan, I., & Zainal, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Journal Mathematics Education Sigma, 5(1), 36–46. https://doi.org/10.30596/jmes.v5i1.18579

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508

Erna, A., & Eka, L. K. (2022). Efektivitas Model Connected Mathematics Project terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio, 8(3), 873–882. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2305

Fauziah, A., & Ihsan, I. A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio, 8(1), 236–246. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1973

Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100.

Juniantari, M., Pujawan, I. G. N., & Widhiasih, I. D. A. G. (2018). Pengaruh Pendekatan Flipped Clasroom terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. Journal of Education Technology, 2(4), 197–204. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.17855

Juniar, B. B., & Meiliasari, M. (2025). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 8(2), 70–79. https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3189

Mukhayat, A., Noer, S. H., & Sutiarso, S. (2024). Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Flipped Classroom Berbantu Media Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 162–172. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15034

Ningrum, H. U., Mulyono, M., Isnarto, I., & Wardono, W. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29237/12889

Nurul, A. R. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Rindaningsih, I. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. Icecrs International Consuortium of Education and Culture Research Studies, 1(3), 51–60. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1380

Septian, A., Inayah, S., & Berliana, R. (2022). Implementasi Flipped Classroom terhadap Pemahaman Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 98–111. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i1.2883

Setialaksana, W., Abdal, N. M., & Yusri, A. Y. (2021). Mediasi Gender pada Hubungan Kecemasan Matematika dan Hasil Belajar. Histogram: Jurnal PendidikanMatematika, 5(2), 83–92. https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.1394

Syarah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Konsep Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 202–207. https://doi.org/10.47662/farabi.v6i2.649

Wihardjo, E., Karim, K., & Sukmawati, R. A. (2024). Transformasi Pendidikan Matematika di Era Digital: Efektivitas Model Kelas Terbaik. Journal of Mandalika Literature, 6(1), 109–118. https://doi.org/10.36312/jml.v6i1.3848

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-31

Citation Check