MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN HLT BERBASIS RME

Penulis

  • Lilik Masamah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia
  • Tuslim Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Auliya Ningrum Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Juli Ferdianto Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Nining Setyaningsih Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sri Sutarni Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v9i1.4094

Kata Kunci:

Hypothetical Learning Trajectory, Realistic Mathematics Education, Luas Bangun Datar

Abstrak

Proses pembelajaran matematika, khususnya pada pemahaman konsep luas bangun datar, sering menghadapi tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap pendekatan HLT dan RME, sumber belajar yang terbatas, serta kemampuan siswa yang beragam. Faktor-faktor ini menghambat efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap luas bangun datar dengan menggunakan pendekatan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berbasis Realistic Mathematics Education (RME).Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus di SMP Muhammadiyah 07 Sukaraja. Setiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 50% pada Siklus I menjadi 76,67% pada Siklus II, dan mencapai 100% pada Siklus III. Peningkatan ini didukung oleh media pembelajaran interaktif, konteks masalah realistis, dan fasilitasi guru yang efektif.Kesimpulanya bahwa pendekatan HLT berbasis RME efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep luas bangun datar, sehingga memiliki potensi untuk diterapkan secara lebih luas dalam pendidikan matematika.

Referensi

Aklimawati, A., Listiana, Y., Isfayani, E., Zainuddin, Z., & Aulia, R. (2022). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Geometri. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 51–63. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.665

Aminullah, A., & Irwansya, I. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(4), 678–687. https://doi.org/10.53299/jagomipav4i4.721

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940

Asmara, A. S., Fitri, A., & Faizah, N. L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 173–188. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2953

Asyamsi, M. R., Sudadio, S., & Fauzi, A. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Warga Belajar. Jurnal Niara, 17(3), 239–246. https://doi.org/10.31849/niara.v17i3.21125

Deciku, B., Musdi, E., Arnawa, I. M., & Suherman, S. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 185–196. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1781

Hadila, R., Sukirwan, S., & Alamsyah, T. P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–63. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2172

Handayani, P. V., Sukayasa, S., Ismaimuza, D., & Meinarni, W. (2024). Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kubus Ditinjau dari Level Van Hiele. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 113–126. https://doi.org/10.31100/histogram.v8i1.3448

Hidayati, I., Deciku, B., & Azizah, T. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 109–118. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14933

Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 988–999. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.899

Meilani, M., Kamariah, S., & Yuliana, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa terhadap Materi Bangun Datar Kelas VII. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(2), 295–302. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.210

Mone, P. S., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. d. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 12–24. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5602

Mulyono, M., Slamet, S. Y., & Chumdari, C. (2025). The Impact of the Use of Interactive Learning Media on Understanding the Concept of the Food Chain. Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series, 8(1), 196 – 207. https://doi.org/10.20961/shes.v8i1.98889

Mulyosari, Endah Trie Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2395–2405. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5037

Nada, N. Q., Putri, R., & Noperta, N. (2025). Designing Hypothetical Learning Trajectories Circle Material with a Realistic Mathematics Education Approach Through the Tampah Context. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 208–223. https://doi.org/10.32938/jpm.v6i2.8674

Nuriyah, K., Agus R M, A. hasan, Thohir, P. F. D. M., Rusdiah, N., & Sari, K. W. (2024). Adaptasi Strategi Pembelajaran Responsif terhadap Dinamika Siswa. Jurnal Basicedu, 8(5), 3843–3851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8674

Pramesti, I. C., & Camellia, C. (2024). Penerapan Nearpod sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 90–94. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v5i2.2486

Prasetyo, A., Santosa, M. D., Nurhayati, S., & Setiawan, B. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Central Publisher, 1(11), 1257–1264. https://doi.org/10.60145/jcp.v1i11.238

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420

Romlah, I., Wardanirahayu, W., & Meiliasari, M. (2022). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. J-PiMat Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 455–468. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v4i2.1606

Safari, Y., & Aidah, S. (2024). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 9999–10006. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14668

Sholihat, M. N., Koswara, U., & Irawan, D. (2024). Analisis Pemahaman Guru Matematika SMP terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pemanfaatan Media Digital di Kabupaten Sumedang. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 500–512. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16329

Syabrina, F. A., Wiryanto, W., & Mariana, N. (2022). Hypothetical Learning Trajectory: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan melalui Etnomatematika Konteks Jamu Sinom. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p125-132

Syafitri, N. U., Damayani, A. T., & Saputra, H. J. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran RME Berbantu Media Tangram terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD Negeri Kauman 07 Batang. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Menengah, 2(3), 322–329. https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1248

Ulfa, U., Anggraini, A., Sugita, G., & Murdiana, I. N. (2024). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 86–103. https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3704

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-31

Citation Check