CHALLENGES IN GRADE 10 ARITHMETIC SEQUENCES: A NEWMAN’S PROCEDURE ANALYSIS

Penulis

  • Rusyda Auliya Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka, Indonesia
  • Achmad Salido Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka, Indonesia https://orcid.org/0009-0002-4941-7643
  • Marniati Marniati Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-6453-8278
  • Rafika Meiliati Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka, Indonesia https://orcid.org/0009-0000-2183-3229
  • Aswin Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka, Indonesia
  • Tahir Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka, Indonesia
  • Herlina Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v9i2.3975

Kata Kunci:

Kesulitan Siswa, Barisan dan Deret Aritmetika, Prosedur Newman, Pemecahan Masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa Kelas 10 dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika berdasarkan prosedur Newman. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan tiga peserta dipilih melalui purposive sampling dari sebuah SMA di Indonesia. Analisis kemampuan siswa dilakukan di lima tahap pemecahan masalah: membaca, memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean. Data dikumpulkan melalui tugas pemecahan masalah dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dapat menyelesaikan masalah dengan mudah. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan sedang dan rendah menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam memahami masalah dan mengubahnya menjadi model matematika, menerapkan keterampilan proses, dan pengkodean. Kesalahan yang paling umum terjadi selama tahap pemahaman dan transformasi, di mana siswa membutuhkan bantuan untuk mengidentifikasi informasi yang diketahui dan dipertanyakan dengan benar dan sering menerapkan rumus yang salah. Pada tahap keterampilan proses, siswa juga membutuhkan bantuan untuk menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah secara sistematis. Temuan ini menyoroti pentingnya memperkuat keterampilan prosedural dan pemahaman konseptual. Studi ini merekomendasikan intervensi pembelajaran yang terstruktur dan spesifik untuk membantu siswa berkinerja rendah memahami dan menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah. Penelitian ini memiliki keterbatasan jumlah peserta dan topik yang terbatas, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk generalisasi yang lebih luas.

Biografi Penulis

Rusyda Auliya, Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka

Seorang mahasiswa pada departemen pendidikan matematika di Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Achmad Salido, Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka

Seorang dosen pada departemen pendidikan matematika di Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Marniati Marniati, Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka

Seorang dosen pada departemen pendidikan matematika di Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Rafika Meiliati, Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka

Seorang dosen pada departemen pendidikan matematika di Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Aswin, Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka

Seorang dosen pada departemen pendidikan matematika di Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Tahir, Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka

Seorang dosen pada departemen pendidikan matematika di Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Herlina, Department of Mathematics Education, Sembilanbelas November University Kolaka

Seorang dosen pada departemen pendidikan matematika di Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Referensi

Afifah, A., Darmayanti, R., Sugianto, R., Choirudin, C., & Putra, F. G. (2022). How Does Newman Analyze Student Errors When Solving BADER Story Problems? AMCA Journal of Religion and Society, 2(2). https://doi.org/10.51773/ajrs.v2i2.275

Aini, L. N., Subarinah, S., & Prayitno, S. (2024). Kemampuan Investigasi Matematika pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 303–312. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.7568Received

Aprilia, L., Anriani, N., & Rafianti, I. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kesadaran Metakognisi Siswa. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/viewFile/11572/7575

Bruno, A., Qohar, A., Susanto, H., & Permadi, H. (2021). Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Dilihat dari Adversity Quotient (AQ). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 91–103. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15395

Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(1), 73-80. https://doi.org/10.24036/jepvol4-iss1/435

Hadi, S. (2019). Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa MA dalam Pemecahan Masalah Matematika. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v4i4.1312

Hayati, F., Saragih, S. D., & Gunarto, B. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Barisan dan Deret Menggunakan Metode Problem Based Learning. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(2), 3335–3346. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9727

Hidayat, W., Rohaeti, E. E., Ginanjar, A., & Putri, R. I. I. (2022). An Epub Learning Module and Students’ Mathematical Reasoning Ability: A Development Study. Journal on Mathematics Education, 13(1), 103–118. https://doi.org/10.22342/jme.v13i1.pp103-118

Inayah, F., & Agoestanto, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Resiliensi Matematis: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 74–86. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2798

Jatmiko, J. (2018). Kesulitan Siswa dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17–20. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2285

Jitendra, A. K., Nelson, G., Pulles, S. M., Kiss, A. J., & Houseworth, J. (2016). Is Mathematical Representation of Problems an Evidence-Based Strategy for Students with Mathematics Difficulties? Exceptional Children, 83(1), 8–25. https://doi.org/10.1177/0014402915625062

Khesya, N., & Ananda, R. (2024). Pengaruh Self-Concept dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 12–22. https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3829

Khoirunnisa, H., Rahmawati, E., Husein, M. A., & Mahmudah, U. (2024). Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa pada Bilangan Kompleks melalui Perspektif Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(2), 122–130. http://doi.org/10.30659/jp-sa.v4i2.37746

Krawitz, J., Chang, Y. P., Yang, K. L., & Schukajlow, S. (2022). The Role of Reading Comprehension in Mathematical Modelling: Improving the Construction of A Real-World Model and Interest in Germany and Taiwan. Educational Studies in Mathematics, 109(2), 337–359. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10058-9

Kurniasari, C., Hidajat, D., & Handayani, Y. A. (2022). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmetika dengan Indikator Polya pada Siswa Kelas X. Numeracy, 9(2), 122–137. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i2.1959

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana, 21(2), 701-707. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/360

Liljedahl, P., Santos-Trigo, M., Malaspina, U., & Bruder, R. (2016). Problem Solving in Mathematics Education. Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40730-2

Logistica, R. S. A., & Awalludin, S. A. (2024). Analysis of Students’ Errors in Solving Literacy and Numeracy Problems: a Newman Procedure Approach. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 12(1), 47–63. https://doi.org/10.24252/mapan.2024v12n1a4

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 3. SAGE Publications, Inc.

Nahdi, D. S., Cahyaningsih, U., Jatisunda, M. G., & Rasyid, A. (2023). Mathematics Interest and Reading Comprehension as Correlates of Elementary Students’ Mathematics Problem-Solving Skills. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(1), 115–127. https://doi.org/10.56916/ejip.v3i1.510

Noer, S. F., Sugandi, A. I., & Amelia, R. (2023). Analisis Kesalahan dalam Soal-Soal Pemecahan Masalah Siswa SMA Kelas XI pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Ditinjau dari Teori Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1369–1378. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17677

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403

Oktaviani, H., Kintoko, K., & Suprihatiningsih, S. (2021). Analisis Kesalahan Newman pada Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP N 15 Yogyakarta. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.106

Özcan, Z. Ç., & Doğan, H. (2018). A Longitudinal Study of Early Math Skills, Reading Comprehension and Mathematical Problem Solving. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.14527/pegegog.2018.001

Permata, E. I., Sunandar, & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 130–144. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.678

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384

Pratiwi, I. C., Lefrida, R., Alfisyahra, & Pathuddin. (2024). Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. https://journal.matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/3403

Qolbi, G., Dewi, P. A., Sholiha, S., Pangestu, T. A., & Fu’adin, A. (2022). Analysis of Students’ Mathematical Understanding on Arithmetic Sequences and Series in 12th Grade Senior High School. Brillo Journal, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.56773/bj.v2i1.24

Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Problem-Solving Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122

Reyes-Huerta, V., Juárez-López, J. A., & Iglecias-Antonio, R. (2024). Exploring Difficulties in Textual Understanding of Mathematical Word Problems from a Psycholinguistic Perspective and Use of Drawings. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 8(2), 346–354. https://doi.org/10.24071/ijiet.v8i2.8161

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Scheibe, D. A., Was, C. A., Dunlosky, J., & Thompson, C. A. (2023). Metacognitive Cues, Working Memory, and Math Anxiety: The Regulated Attention in Mathematical Problem Solving (RAMPS) Framework. Journal of Intelligence, 11(6). https://doi.org/10.3390/jintelligence11060117

Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics. Journal of Education, 196(2), 1–38. https://doi.org/10.1177/002205741619600202

Setyaningrum, D. A., Sabil, H., & Kumalasari, A. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Steam Materi PLSV untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 117–127. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.5091

Shah, Y. P. (2024). An Analysis of Sequence and Series. Historical Journal, 15(1), 40–44. https://doi.org/10.3126/hj.v15i1.63974

Sinaga, B., Sitorus, J., & Situmeang, T. (2023). The Influence of Students’ Problem-Solving Understanding and Results of Students’ Mathematics Learning. Frontiers in Education, 8(February), 1–9. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1088556

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Swari, C. D. V. S., Mardiyana, & Indriati, D. (2020). Analysis of Mathematical Problem Solving Based on Stages Newman in Equality and Inequality One Variable. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012094

Syarnubi, Efriani, A., Pranita, S., Zulhijra, Anggara, B., Alimron, Maryamah, & Rohmadi. (2024). An Analysis of Student Errors in Solving HOTS Mathematics Problems Based on the Newman Procedure. The 2nd Young Scholar Symposium on Science and Mathematics Education, and Environment, 3058, 60013. https://doi.org/10.1063/5.0201077

Szabo, Z. K., Körtesi, P., Guncaga, J., Szabo, D., & Neag, R. (2020). Examples of Problem-Solving Strategies in Mathematics Education Supporting the Sustainability of 21st-Century Skills. Sustainability (Switzerland), 12(23), 1–28. https://doi.org/10.3390/su122310113

Tambunan, H. (2018). Impact of Heuristic Strategy on Students’ Mathematics Ability in High Order Thinking. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 321–328. https://doi.org/10.12973/iejme/3928

Tambunan, H. (2020). Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Strategi Heuristik. Sepren, 1(2), 28–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.209

Tika, N. W., Rahayu, W., & Hidajat, F. A. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Integrasi PbL-STEM pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 70–85. https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3803

Wahidah, Y. N., Inganah, S., & Ismail, A. D. (2017). The Analysis of Mathematical Problems Using Newman Stages Reviewed from Emotional Intelligence. Mathematics Education Journal, 1(2), 56-62. https://doi.org/10.22219/mej.v1i2.4630

Diterbitkan

2025-09-30

Citation Check