PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SMP BERBASIS SOAL HOTS: ANALISIS BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Authors

  • Ruf’aniyah Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Surya Sari Faradiba Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Alifiani Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Sikky El Walida Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Abdul Halim Fathani Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Isbadar Nursit Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v9i1.4198

Keywords:

Berpikir Tingkat Tinggi, Pemecahan Masalah, Soal HOTS

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik jenjang SMP dalam menyelesaikan soal matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) ditinjau dari tahapan pemecahan masalah. Penelitian ini penting karena keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan bekal esensial bagi peserta didik dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Kemampuan dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta merupakan bagian dari kompetensi utama yang perlu dikuasai dalam pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas tiga peserta didik kelas VIII dari salah satu SMP swasta di Gresik yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian mencakup soal tes berbasis HOTS dan pedoman wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) peserta didik dengan kemampuan tinggi berhasil memenuhi seluruh indikator berpikir tingkat tinggi, yakni menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, 2) peserta didik dengan kemampuan sedang hanya menunjukkan kemampuan pada aspek menganalisis, dan 3) peserta didik dengan kemampuan rendah belum mampu melampaui tahap menganalisis.

 

ABSTRACT

This study aims to analyze junior high school students’ higher-order thinking skills (HOTS) in solving mathematics problems based on problem-solving stages. The urgency of this research lies in the essential role of higher-order thinking skills as a key competence for students to face 21st-century challenges. The abilities to analyze, evaluate, and create are core components in mathematics learning. This research employed a qualitative approach with a descriptive method. The participants consisted of three eighth-grade students from a private junior high school in Gresik, selected based on their ability level: high, moderate, and low. Research instruments included HOTS-based test items and interview guidelines. The results indicate that: 1) high-ability students were able to meet all higher-order thinking indicators, namely analyzing, evaluating, and creating, 2) moderate-ability students demonstrated skills only in analyzing, and 3) low-ability students had not progressed beyond the analyzing stage.

References

Cresswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (Fourth edi). SAGE.

Dwiyana, S., Surahmat, & Anies Fuady. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal (HOTS) High Ortder Thinking Skill ditinjau dari Minat Belajar pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Badridduja Full Day School. Jp3, 16(30), 41–54. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14651

Faradiba, S. S., Fuady, A., & Sari, D. N. (2021). Pseudo Abstraksi Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Bilangan. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 409–422. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.685

Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 252–266. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6132

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55–64. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Hurrell, D. (2021). Conceptual Knowledge or Procedural Knowledge or Conceptual Knowledge and Procedural Knowledge: Why the Conjunction is Important to Teachers. Australian Journal of Teacher Education. https://doi.org/https://doi.org/10.14221/AJTE.2021V46N2.4.

Ibrahim, H., Adelia, R. W., & Wandini, R. R. (2023). Analisis Kemampuan Pendekatan Terstruktur yang Mempengaruhi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1494–1499. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12599

Nafi’an, M. I., & Pradani, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ). KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 112–118. https://journal.unnes.ac.id/nju/kreano/ article/download/15050/9823

Putri, F., Marmoah, S., & Supianto, S. (2024). Analyzing Students Mathematical Problem Solving Skills Through HOTS-Based Questions at the Elementary School Level. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. https://doi.org/10.20961/shes.v7i1. 84280.

Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 667–682. http://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4715

Riska, A., Gunur, B., Tamur, M., & Ramda, A. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(2), 221–229. http://doi.org/ 10.26877/aks.v14i2.16102

Rosyidah, A. S., Hidayanto, E., & Muksar, M. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS Geometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 268–283. http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8819

Santoso, T., Cholily, Y. M., & Syaifuddin, M. (2021). An Analysis of Students’ Errors in Completing Essay HOTS Questions Based on Watson’s Criteria Viewed from the Cognitive Style Perspective. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(1), 121–133. https://doi.org/ 10.31764/jtam.v5i1.3776

Saputra, I., Septiawan, A., Stevano, N.Angraini, L., & Bonyah, E. (2025). Analysis of Students’ Mathematical Problem-solving Ability on Number Matter. International Journal of Contemporary Studies in Education (IJ-CSE). https://doi.org/10.56855/ijcse.v4i1.1045.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/25336/15392/46 075

Singh, C. K. S., & Marappan, P. (2020). A Review of Research on the Importance of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Teaching English Language. Journal of Critical Reviews, 7(8), 740–747. https://doi.org/10.31838/jcr.07.08.161

Wulandari, S. (2023). Kesulitan Belajar Siswa dalam Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Teori Newman. Journal Tunas Bangsa, 10(1), 48–59. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10 i1.2020

Yulianto, D., & Maryam, S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Sekolah Dasar Negeri dalam Menyelesaikan Soal AKM : Studi Kasus di Kabupaten Lebak Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V (Sandika V), 63–83.

Published

2025-03-31

Citation Check