MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN HLT BERBASIS RME

Authors

  • Lilik Masamah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia
  • Tuslim Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Auliya Ningrum Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Juli Ferdianto Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Nining Setyaningsih Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sri Sutarni Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v9i1.4094

Keywords:

Hypothetical Learning Trajectory, Realistic Mathematics Education, Area of Plane Figures

Abstract

ABSTRAK

Proses pembelajaran matematika kerap menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap pendekatan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dan Realistic Mathematics Education (RME), kurangnya media pembelajaran yang memadai, serta perbedaan kemampuan siswa di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar melalui penerapan pendekatan HLT yang berlandaskan RME. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Sukaraja. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, angket siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan HLT berbasis RME mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep luas bangun datar. Tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 50% pada siklus I, menjadi 76,67% pada siklus II, dan mencapai 100% pada siklus III. Dengan demikian, pendekatan HLT berbasis RME terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar siswa.

ABSTRACT

The mathematics learning process often faces several challenges, such as teachers’ limited understanding of the Hypothetical Learning Trajectory (HLT) and Realistic Mathematics Education (RME) approaches, insufficient learning media, and the diverse abilities of students. This study aims to improve students’ understanding of plane figures through the application of the HLT approach based on RME. The research method used was Classroom Action Research (CAR), conducted in three cycles, each consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. The research subjects were seventh-grade students of SMP Muhammadiyah 07 Sukaraja. Data were collected through learning outcome tests, observations, student questionnaires, and documentation. The results showed that the HLT-based RME approach effectively enhanced students’ understanding of the concept of the area of plane figures. The percentage of students achieving mastery increased from 50% in the first cycle to 76.67% in the second cycle, and reached 100% in the third cycle. Therefore, the HLT-based RME approach proved to be effective in improving students’ conceptual understanding of the area of plane figures.

References

Aklimawati, A., Listiana, Y., Isfayani, E., Zainuddin, Z., & Aulia, R. (2022). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Geometri. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 51–63. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.665

Aminullah, A., & Irwansya, I. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(4), 678–687. https://doi.org/10.53299/jagomipav4i4.721

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940

Asmara, A. S., Fitri, A., & Faizah, N. L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 173–188. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2953

Asyamsi, M. R., Sudadio, S., & Fauzi, A. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Warga Belajar. Jurnal Niara, 17(3), 239–246. https://doi.org/10.31849/niara.v17i3.21125

Deciku, B., Musdi, E., Arnawa, I. M., & Suherman, S. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 185–196. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1781

Hadila, R., Sukirwan, S., & Alamsyah, T. P. (2020). Desain Pembelajaran Bangun Datar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–63. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2172

Handayani, P. V., Sukayasa, S., Ismaimuza, D., & Meinarni, W. (2024). Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kubus Ditinjau dari Level Van Hiele. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 113–126. https://doi.org/10.31100/histogram.v8i1.3448

Hidayati, I., Deciku, B., & Azizah, T. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 109–118. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14933

Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 988–999. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.899

Meilani, M., Kamariah, S., & Yuliana, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa terhadap Materi Bangun Datar Kelas VII. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(2), 295–302. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.210

Mone, P. S., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. d. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 12–24. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i1.5602

Mulyono, M., Slamet, S. Y., & Chumdari, C. (2025). The Impact of the Use of Interactive Learning Media on Understanding the Concept of the Food Chain. Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series, 8(1), 196 – 207. https://doi.org/10.20961/shes.v8i1.98889

Mulyosari, Endah Trie Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2395–2405. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5037

Nada, N. Q., Putri, R., & Noperta, N. (2025). Designing Hypothetical Learning Trajectories Circle Material with a Realistic Mathematics Education Approach Through the Tampah Context. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 208–223. https://doi.org/10.32938/jpm.v6i2.8674

Nuriyah, K., Agus R M, A. hasan, Thohir, P. F. D. M., Rusdiah, N., & Sari, K. W. (2024). Adaptasi Strategi Pembelajaran Responsif terhadap Dinamika Siswa. Jurnal Basicedu, 8(5), 3843–3851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8674

Pramesti, I. C., & Camellia, C. (2024). Penerapan Nearpod sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 90–94. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v5i2.2486

Prasetyo, A., Santosa, M. D., Nurhayati, S., & Setiawan, B. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa. Central Publisher, 1(11), 1257–1264. https://doi.org/10.60145/jcp.v1i11.238

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420

Romlah, I., Wardanirahayu, W., & Meiliasari, M. (2022). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. J-PiMat Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 455–468. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v4i2.1606

Safari, Y., & Aidah, S. (2024). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 9999–10006. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14668

Sholihat, M. N., Koswara, U., & Irawan, D. (2024). Analisis Pemahaman Guru Matematika SMP terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pemanfaatan Media Digital di Kabupaten Sumedang. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 500–512. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16329

Syabrina, F. A., Wiryanto, W., & Mariana, N. (2022). Hypothetical Learning Trajectory: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan melalui Etnomatematika Konteks Jamu Sinom. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p125-132

Syafitri, N. U., Damayani, A. T., & Saputra, H. J. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran RME Berbantu Media Tangram terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD Negeri Kauman 07 Batang. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Menengah, 2(3), 322–329. https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1248

Ulfa, U., Anggraini, A., Sugita, G., & Murdiana, I. N. (2024). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 86–103. https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3704

Published

2025-03-31

Citation Check