PENGARUH PERILAKU ASERTIF TERHADAP TIPE KEPRIBADIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3307

Authors

  • Nur Lailatul Azizah Universitas Islam Malang
  • Sunismi Sunismi Universitas Islam Malang

Keywords:

Asertif, Ekstrovert, Introvert, Pembelajaran Matematika

Abstract

Peserta didik seringkali kurang terampil dalam menyampaikan atau mengkomunikasikan apa yang dinginkan dan dirasakannya kepada orang lain dengan alasan kurangnya percaya diri. Salah satu perilaku yang sangat penting dalam berkomunikasi adalah asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh peserta didik yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan introvert dalam berperilaku asertif pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel pada penilitian ini terdiri dari 66 peserta didik sekolah menengah pertama di SMP Ma’arif NU Kraksaan dan SMPN 1 Mojoagung. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil dari angket perilaku asertif  dan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada peserta didik. Angket dalam penelitian ini terdiri dari 30 pernyataan untuk mengetahui perilaku asertif dan 24 pernyataan untuk mengetahui tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada peserta didik. Hasil kuesioner dianalisis dengan uji korelasi dan uji regresi dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh perilaku asertif yang signifikan terhadap tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa perilaku asertif berpengaruh positif pada tipe kepribadian peserta didik sebesar 61%. Peserta didik dengan perilaku asertif yang tinggi berarti memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan peserta didik dengan perilaku asertif yang rendah berarti memiliki tipe kepribadian introvert,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ampuno, S. (2020). Perilaku Asertif Generasi Milenial Dalam Perspektif Psikologi Islam. JIVA : Journal of Behavior and Mental Health, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.30984/jiva.v1i1.1163

Arifin, S., Setiawan, Y. E., & Faradiba, S. S. (2022). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2)(349–360), 12. https://doi.org/http://journal.matappa.ac.id/index.php/histogram/index

Aryanto, W., Arumsari, C., & Sulistiana, D. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja. QUANTA, 5(3). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Dewi, K. (2016). Perilaku Asertif Siswa Kelas IX SMP Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2015 / 2016. Thesis. http://lib.unnes.ac.id/24134/

Faradiba, S. S., & Alifiani, A. (2019). Is a confidence needed in learning mathematics? International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 2(2), 52. https://doi.org/10.18860/ijtlm.v2i2.8443

Faradiba, S. S., Rahmawati, B., Nabilla, I. A., & ... (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Pendampingan Berbasis Literasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 3547–3556.

Hidayatullah, R. M., & Indana, F. N. (2022). Perilaku asertif dan tipe kepribadian remaja yang mengalami kecenderungan neurotik. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v1i2.54-64

Jazuli, A., & Lathifah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Soal Cerita Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert Siswa SMP Negeri 6 Rembang. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(1), 23. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i1.7352

Kartini, K., Sudirman, S., & Lestari, W. D. (2020). Pembelajaran Geometri Berbantuan Aplikasi Mobile Augmented Reality Pada Siswa Ekstrovert Dan Introvert. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 139. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2709

Muhimmatul Hasanah. (2015). Dinamika Kepribadian Menurut Psikologi Islami. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 110–124. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531

Mutiara, K., & Merida, S. C. (2021). Harga diri dan perilaku asertif pada siswa MTs Negeri 3 Kota Bekasi. Seminar Nasional Psikologi UM, April, 124–127. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1232%0Ahttp://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/download/1232/633

Ngatini, & Karneli, Y. (2020). Tingkat Perilaku Asertif Siswa Dan Implikasi Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 9(1), 17–22. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Pahmiah, P., Mubarak, M., & Fadhila, M. (2022). Perbedaan Perilaku Asertif Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut Carl Gustav Jung (Studi Komparatif Pada Mahasiswa Organisator Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin). Jurnal Al-Husna, 2(1), 64. https://doi.org/10.18592/jah.v2i1.4617

Porpitasari, D. M. (2007). Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Hubungan Interpersonal Pada Siswa. Thesis, 122. http://etheses.uin-malang.ac.id/8664/1/03410054.pdf

Satalina, D. (2014). Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 02, N, 294–310. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/2003

Setiawan, Y. E., & Syaifuddin, S. (2020). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU MELALUI PELATIHAN DESAIN PEMBELAJARAN PETA KONSEP. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148.

Siringoringo, E. (2017). Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa Kelas III, IV Dan V SD. Jurnal Handayani, Vol 8 (1), 52–57. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/10568

Umami, P. A. . (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Kemampuan Matematis Peserta Didik. Thesis, 1–285.

Umaroh, K. (2015). Hubungan Tipe Kepribadian Ekstrovert Introvert Terhadap Kesabaran Pasien Hemodialisa Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Thesis, 120. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5605/

Verina, A. I. (2019). Kecenderungan dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Asertif pada Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi di Kampus. Thesis, 1–92. http://repository.usd.ac.id/32945/2/149114028_full.pdf

Yukentin, Y., Munawaroh, M., & Winarso, W. (2018). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. JIPMat, 3(2), 163–168. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2700

Published

2023-09-30

How to Cite

Azizah, N. L., & Sunismi, S. (2023). PENGARUH PERILAKU ASERTIF TERHADAP TIPE KEPRIBADIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 185–196. https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3307

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.