Pelatihan Pengembangan E-Worksheet Berbasis Inkuiri Terintegrasi Pendidikan Karakter untuk Pengembangan Kecakapan Guru Abad ke-21
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1724
Keywords:
e-worksheet, inkuiri, karakterAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kecakapan guru abad ke-21 dalam pemahaman lembar kerja siswa LKS berbasis inkuiri terintegrasi karakter dan pengembangannya yang dikemas dengan menggunakan teknologi atau e-worksheet di SMP Negeri 11 Kota Ternate. Metodenya meliputi penyampaian materi tentang inkuiri dan pendidikan karakter pada pembelajaran, pelatihan pemahaman LKS, pelatihan penggunaan software flipbook untuk mengembangkan e-worksheet, pelatihan upload e-worksheet yang telah dikembangkan menggunakan flipbook pada domain website, serta pendampingan perancangan e-worksheet yang berbasis inkuiri terintegrasi pendidikan karakter. Kegiatan ini dilakukan selama tiga bulan. Hasil kegiaatan ini menunjukkan bahwa kemampuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan e-worksheet berbasis inkuiri terintegrasi karakter mengalami peningkatan. Hasil kegiatan ini secara garis besar telah mencapai target sebagaimana direncanakan sebelumnya yaitu melibatkan seluruh guru di SMP Negeri 11 Ternate yang berjumlah 14 orang. Ketercapaian tujuan pendampingan e-worksheet inkuiri terintegrasi karakter secara umum sudah baik, namun karena keterbatasan waktu sehingga tidak semua materi disampaikan secara detail. Meskipun demikian, guru telah mampu mendisain e-worksheet inkuiri terintegrasi karakter dengan baik yang menunjukkan tercapainya target kegiatan.References
Akib, M. (2013). Sasaran atau Obyek Evaluasi Pendidikan dan Penilaian Berbasis Sekolah. Jurnal Al-Hikmah, 14(1), 1–12.
Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16
Damayanti, F. A., & Setiawati, D. (2013). Studi Tentang Perilaku Membolos Pada Siswa Sma Swasta Di Surabaya the Study of Bad Behaviour of Skipping the Class Private School At Surabaya. Bk Unesa, 03, 454–461.
Desmarani, Suci; Rusdi, M; Dewi, Fatria; Bakar, A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Inquiry-Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia. 1–13. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19373
Gunawan, I. (2012). Imam Gunawan LATAR BELAKANG. 15/12/2015, 18. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/15.1_Pendidikan-Karakter.pdf
Hidayah, N., Putro, S. E., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses dan. 8(1), 27–33. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1450
Indonesia, T. R. K. B. (2008). Kamus Bahasa Indonesia (xvi). Pusat Bahasa.
Joyce, B., & Weil, M. (2015). Models of Teaching Fifth Edition.
Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menegah. 15.
Khasanah, U. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis. In Journal of Chemical Information and Modeling.
Sahjat, S., Jalal, A., & Amiroh, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terintegrasi Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas VII SMP IT Albina Kota Ternate. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Ipa Ke-5, 221–227. http://ipa.fmipa.um.ac.id/
Sardiman, A. (2020). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Raja Grafindo Persada.
Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3
Yulianti, L. (2008). Model-model Pembelajaran Fisika: Teori dan Praktek. Lembaga Pengembangan dan Pembelajaran Unieversitas Negeri Malang.
Zuchdi, D., Ghufron, A., Syamsi, K., Masruri, & Siasah, M. (2014). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter Di SD, SMP, SMA. Pendidikan Karakter, 1, 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.

MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.