Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA

Penulis

  • Fathiyah SD Negeri Bontomaero II Gowa, Indonesia, Indonesia
  • Ni’matul Hasanah SD Negeri Bontomaero II Gowa, Indonesia, Indonesia
  • Nurhaydah SD Negeri Bontomaero II Gowa, Indonesia, Indonesia
  • Mohammad Ardani Samad Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV/Hasanuddin, Indonesia, Indonesia
  • Basuki Rahmat Masdi Siduppa Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV/Hasanuddin, Indonesia, Indonesia
  • Akbar Taufik Universitas Pancasakti Makassar, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i03.4317

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Bontomaero II  Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pretest-Posttest Control Group Design.. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A dan V-B SDN Bontomaero II Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest serta observasi. Validasi penelitian ini adalah validator pakar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran make and match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bontomaero II  pada pembelajaran IPA dengan rata-rata nilai posttest 80.50 setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil output “Test Statistics”, yang menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,001< 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran make and match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bontomaero II  pada pembelajaran IPA.

Referensi

Haling, A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Karwono, 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mashuri, D. (2021). The development of Make A Match type cooperative learning ... — Pengembangan model Make-a-Match dan laporan penerapannya

Mirtasari, S., & Kusumaningtyas, D. A. (2024). Enhancing elementary students’ learning interest in science with the ‘Make-a-Match’ cooperative learning model. IJLREE / ResearchGate

Nasition, S. 2017. Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurwanti, S.E. 2016. Penerapan model Cooperative learning tipe make and match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Jurnal. 1 (3), 25.

Rosita, U. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make and match untuk meningkatkan penguasaan materi pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V SD Negeri Pratiwi. Surakarta: Jurnal, 1 (2), 2-3.

Samani, M. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sharan, S. 2014. Inovasi pengajaran dan pembelajaran untuk memacu keberhasilan siswa di kelas. Yogyakarta: Istana Media.

Sudirman, 2016. Implementasi model-model pembelajaran dalam bingkai penelitian tindakan kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Tiro, A.M. 2014. Penelitian eksperimen merancang, melaksanakan, dan melaporkan. Makassar: Adira publisher.

Trianto, 2017. Model Pembelajaran Konvensional.Jakarta: Grasindo

Trianto, 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wahab, R. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check