Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV UPTD SDN 127 Barru
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i03.4230Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan proses dan hasil belajar peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning dengan materi konsep dasar gaya dan gaya gesek. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melibatkan satu pendidik dan 12 peserta didik yang terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan tahun pelajaran 2024/2025 di UPTD SD Negeri 127 Barru. Observasi, tes, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Observasi pendidik pada siklus I dan siklus II menunjukkan kategori baik. Selanjutnya hasil observasi proses belajar peserta didik siklus I dan siklus II pun menunjukkan kategori baik. Jumlah peserta didik yang berhasil menyelesaikan tes meningkat dari 6 menjadi 11 peserta didik dari siklus I ke siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik di kelas IV UPTD SD Negeri 127 Barru.
Referensi
Anjelina, T, R., & Zuryanty. (2023). Peningkatan Proses Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 11 Padang Panjang Barat. Journal Of Sicial Science Research. Vol 3(2) : 7. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/747/585.
Ariyani, F., & Bekti, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 5(2) : 358. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/36230/19210.
Aryanto, H., Meyla, D. A., Vicky, A. N., & Ledy, S. (2021). Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, Vol. 2(10) : 52-60. https://ahlimedia.com/jurnal/index.php/jira/article/view/231.
Halik, A., Nur, I., & Risna, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recute, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology. Vol.4(2). https://www.academia.edu/download/89404042/7.pdf.
Iqbal, M. A., Ega, W., Depita, K., & Meiranda, S. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan. Vol.2(1) : 222-227. https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/download/138/184.
Israwaty, I., Fajar, & Muliasari, V. (2020). Penerapan Pendekatan STEM ( Science, Technology , Engineering , and Mathematics ) : Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, XX.. https://eprints.unm.ac.id/19050/.
Jannah, F., Thooriq, I, F., & Putri, F, A, Z. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan. Vol 4(2). https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/AY/article/view/36.
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. Vol.3(2) : 19-24. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86.
Ma’rifah, S. S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar ?. Jurnal Bimbingan juga Konseling FKIP UNIPA. Vol.35(1). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/view/1458.
Masliah, L., & Sri, D. N. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi juga Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol.7(1) : 5. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4106.
Mayasari, A., Opan, A., & Eri, J. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia. Vol.3(2) : 169. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/335/109.
Musfirah., St, M., & Melisa, S. S. (2022). Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Perpindahan Panas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nubin Smart Journal. Vol.2(3) : 4. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/49/63.
Muslimin., & Muhammad, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Interactive Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FIP UNM. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol. 4(1): 53. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/12046/7127#
Muslimin., Yulia., & Muh, N. R. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Proses Belajar IPAS Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 81 Parepare. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol.9(3) : 344-346. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/16377.
Pradita, A., Lukman, L., & Hakim, A. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Enrekang. Pinisi Journal of Education, 1(1), 170-186. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/27134.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Vol.1(1) : 290-295. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076.
Safrida. M., & Kristian A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway. Jurnal Pendidikan. Vol. 7(1), 53–65. https://www.neliti.com/publications/451460/meta-analysis-pengaruh-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl-terhadap-ke.
Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. Jurnal Tindakan Kelas. Vol.2(2). https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/50.
Sultan, M. A., Abdul, H., & Nizrin. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Siklus Air Siswa Kelas V UPT SD Negeri 79 Pinrang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol.8(2) :2-9 . DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9343.
Sultan, M. A., Yulia., & Naaila, M. A. A. K. (2022). Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.6(1) : 6-8. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3927/3269.
Susanto, A. (2022). Efektivitas Pengajaran Ekonomi Berbasis Problem Based Learning. Bandung: Penerbit Indonesia Emas Group. https://kubuku.id/detail/pentingnya-problem-based-learning-dalam-pembelajaran-ekonomi/69536.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Juga Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama. https://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=41743.
Wulandari, O., & Taufina, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. Vol. 8 (6). https://www.researchgate.net/publication/361115115_Penerapan_Model_Problem_Based_Learning_PBL_Pada_Pembelajaran_Tematik_Terpadu_di_Kelas_V_Sekolah_Dasar_Studi_Literatur.
Wulandari, P, A. Salsabila, A. & Nurazizah. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan. Vol.5(2). 3928-3936. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1074.
Yuafian, R., & Suhandi, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol.3(1) : 17-24. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216.
Yusmar, F., & Rizka, E. F. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa juga Faktor Penyebab. Jurnal Pendidikan IPA. Vol 13(1) : 9. https://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/283.
