Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i03.4228Abstrak
Penelitian ini didorong oleh kurangnya kemampuan menyimak siswa di kelas Bahasa Indonesia Kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan keterampilan menyimak teks siswa dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair share dalam meningkatkan kemampuan menyimak teks siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif, khususnya memanfaatkan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengkaji perjalanan belajar guru dan hasil tes penilaian siswa dalam kemampuan menyimak teks melalui penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share. Partisipan dalam penelitian ini meliputi guru dan 24 siswa dari kelas V. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Selain itu, data diperiksa dan ditangani secara deskriptif menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Ukuran keberhasilan adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif think-pair-share dan hasil tes penilaian siswa memuaskan. Temuan siklus I menunjukkan kualifikasi rendah (K), sedangkan pada siklus II menunjukkan kualifikasi baik (B).
Referensi
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.
Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta. Bening Pustaka.
Hasriani. (2023). Terampil Menyimak. Bandung. Indonesia Emas Group.
Heryati, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Model Think Pair Share (TPS) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Pendidikan, 13(3), 217–228.
Iffah, F., Agustina, M., Syachruroji, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Analisis Motivasi Peserta Didik Terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV sendiri dan alam sekitar , serta pengembangan lebih lanjut dalam penerapan dalam dipengaruhi oleh bagaimana motivasi belajar siswa sendiri . Motivasi belajar. 4, 108–117.
Maherani, A. A., Salam, R., Faisal, M., & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Audiolingual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(2), 64–76.
Marlianti, E., Marli, S., & Hadidhah, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Fiksi Anak Menggunakan Media Audio Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(3), 215538.
Massitoh, Euis., I. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 330–333.
Mutia, T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 210–219.
Muzdalifah, Neneg, & Nadia. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Literacy Cloud Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01).
Panca Putri, S., Nabilla Zakiyah, A., Anisah, N., Riyani, R., Arbaina Juliana, S., & Tri Samiha, Y. (2022). Penerapan Konsep Dasar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01), 53–65.
Putri, E. J. E., Rahman, Fuadhaily, A. Wa., & Firdaus, F. U. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyimak Konsentrasi Melalui Guided Listening Materi Teks Eksplanasi di Kelas VI. Jurnal Syntax Imperaktif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(6), 1–23.
Subakti, H. (2023). Analisis Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Kota Samarinda. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2536–2541.
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 200–213.
Wulandari, O. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Musta Disiplin Ilmu Akademik, 1(4), 132–143.
