Pengaruh Penerapan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Kelas II SD

Penulis

  • Faiz Taufikurrohman Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i03.4220

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk memahami dampak penerapan media wordwall pada hasil belajar matematika materi penjumlahan sebelum serta sesudah memanfaatkan media wordwall di kelas II SDN 4 Dongos. Penelitian kuantitatif ini memiliki desain pre-experimental. Ini juga menggunakan satu kelompok yaitu desain pretest-posttest. Pada penelitian ini, populasi terdiri dari semua 20 peserta didik kelas II SD Negeri 4 Dongos. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas II dengan tes pilihan ganda sebagai instrumen. Selanjutnya, berdasarkan hasil pengukuran hasil belajar peserta didik yaitu, saat tahap pretest mendapat nilai dengan jumlah 1.275 dengan nilai rata-rata 63,75. Sedangkan hasil setelah dilakukan perlakuan menggunakan media wordwall mendapat nilai posttest dengan jumlah nilai 1635, dengan rata-rata 81,75. Bisa ditarik kesimpulan terdapat pengaruh positif serta penting pada pemanfaatan media wordwall pada hasil pembelajaran siswa. Dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 menunjukkan jika ditolaknya Ho serta diterimanya Ha, artinya ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media wordwall. Sedangkan thitung 16,185 > ttabel 2,093 kesimpulannya ada dampak dari penggunaan media wordwall pada hasil belajar. Sesuai dengan hasil uji chi square, setelah dilakukan posttest ada sebanyak 12 (60%) peserta didik mendapat nilai baik, sebanyak 8 (40%) mendapat nilai amat baik.

Referensi

Andi Asari, Zulkarnaini, & Hartatik. 2023. Pengantar Statistika. Sumatera Barat: PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Bevan, D., & Capraro, M. M. (2021). Posing creative problems: A study of elementary students’ mathematics understanding. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0654.

Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 363-368.

Dyah Kusumaningrum, T., Lestyarini, I., Nuvitalia, D., & Wikyuni, S. (2024). Pengaruh Media Wordwall terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 1 SDN Plamongansari 02 Semarang. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 3(2), 2551–2556.

Haliza, V. N., Dewi, D. A., & Mulyana, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 16195-16221.

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 33-41.

Kusuma, E. (2024). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1566-1573.

Lestari, S. I., Rahman, H., & Melisa, M. (2024). Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Global Journal Teaching Professional, 3(2), 257–267.

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media WordWall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. In JPK, 4(1).

Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156.

Nissa, Siti Faizatun dan Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(5), 2854–2860.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu Al-Qur'an, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Puzanova, Z. V., Simonova, M. A., Filippov, V. M., &Larina, T. I. (2021). Additional Education for Children with Special Needs and Disabilities in the Russian Federation: National Monitoring Concept. Vysshee Obrazovanie v Rossii, 30(6), 27–34.

Rahayu, E., & Soleha, D. (2023). Penggunaan Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dalam Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 8–14.

Rahmi Pertiwi, G., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52.

Schnepel, S., & Aunio, P. (2022). A Systematic Review of Mathematics Interventions for Primary School Students with Intellectual Disabilities. European Journal of Special Needs Education, 37(4), 663–678.

Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi Game Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 4(1).

Sri Anjarwati, S. E., Ak, M., Andriya Risdwiyanto, S. E., Asep Deni, M. M., Lies Hendrawan, K., SE, M., ... & Muhammad Iryanto, S. Ε. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif. CV Rey Media Grafika.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukendra, I. K., Pd, S., Si, M., Pd, M., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. Pontianak : Mahameru Press, 90.

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 8(4), 1020–1028.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Yaqin, M. H., Sutriyani, W., & Rohman, N. (2024). Pengaruh Model Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Bilangan Kelas II. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 10(2), 203-209.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check