Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Inpres Tidung 1 Kota Makassar

Penulis

  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Saharullah Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Inpres Tidung 1 Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran serta rendahnya motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, rata-rata nilai keterampilan menulis siswa sebesar 67,76% dengan tingkat ketuntasan 47%. Setelah tindakan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 83,55% dengan ketuntasan belajar mencapai lebih dari 80%. Aktivitas guru dan siswa juga meningkat dari kategori "kurang" menjadi "baik". Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan media video animasi efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa.

Referensi

Ahmad, H. A. K. (2007). Media Pembelajaran. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. PTBumi Aksara.

Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada. Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. PT RajaGrafindo Persada.

Junus, A. M., & Junus, A. F. (2011). Keterampilan Berbahasa Tulis. BadanPenerbit Universitas Negeri Makassar.

Kurniawan, H. (2015). PEMBELAJARAN KREATIF BAHASA INDONESIA (KURIKULUM 2013). KENCANA.

Kusumaningsih, D., Saptomo, S. W., Suparmin, Sudiatmi, T., & Triyanto, B. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. C.V ANDI OFFSET.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. KENCANA. Maswan, & Laila, A. F. (2016). Membangun Karsa Menjadi Penulis Populer.Deepublish.

Nurjamal, D., Sumirat, W., & Darwis, R. (2015). Terampil Berbahasa. Alfabeta.

Ramly, & Azis. (2008). Bahasa Indonesia. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Saddhono, K., & Slamet, S. Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. CV. Karya Putra Darwati.

Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Tunggal Mandiri Publishing.

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.

Solihatin, E. (2013). Strategi Pembelajaran PPKN. PT Bumi Aksara.

Sulityanti. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Anekdot Melalui Penggunaan Strategi Genius Learning Bagi Siswa Kelas X IPA-1 Semester 1 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun 2017/2018. Jurnal Pendidikan Konvergensi, V(21), 147–160.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PRENADAMEDIA GROUP.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan MediaVideo Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://e- journal.my.id/jsgp/article/view/245

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawa

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check