Efektivitas Metode Montessori Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Puryani Ekawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Dini Rahmawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i1.4138

Kata Kunci:

Metode Montessori; Konsentrasi Belajar; Sekolah dasar; Kemandirian

Abstrak

Konsentrasi belajar merupakan faktor penting dalam pendidikan karena membantu siswa tetap fokus dan menyelesaikan tugas dengan baik. Banyak siswa kesulitan mempertahankan konsentrasi dalam pembelajaran konvensional. Metode Montessori, yang menekankan kemandirian dan pembelajaran berbasis pengalaman langsung, memberikan alternatif untuk meningkatkan konsentrasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Montessori dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa sekolah dasar kelas rendah (Fase A) melalui tinjauan literatur. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan mengumpulkan dan menganalisis penelitian terkait penerapan metode Montessori dalam pendidikan dasar. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa metode Montessori efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa, dengan dampak positif terhadap kemandirian dan kemampuan memecahkan masalah siswa. Kesimpulannya, metode Montessori efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Pendidik dan pembuat kebijakan disarankan untuk mengadopsinya dengan beberapa langkah: (1) memberikan kebebasan dalam pembelajaran, (2) pelatihan guru, dan (3) kolaborasi antara sekolah dan orang tua. Meskipun efektif, tantangan seperti biaya, pelatihan, dan penyesuaian kurikulum perlu diatasi agar metode ini dapat diterapkan secara luas.

Referensi

Asmani, J. (2011). Konsentrasi Belajar Siswa: Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan, 25(3), 107-112. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. DIVA Press.

Aviana, T., & Hidayah, N. (2015). Konsentrasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Balinda, T., Prasetyo, A., Julianto, M. R., Dzulqaidah, I., & Salsabilah, S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Konsentrasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 12(4), 101-109.

Di, B., et al. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Konsentrasi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Disti, N. (2016). Penerapan Metode Montessori dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 34(2), 65-72.

Gettman, M. (2016). The Montessori Method: A Complete Guide to the Theory and Practice of Maria Montessori. Routledge.

Gutek, G. L. (2013). Philosophical and Theoretical Perspectives for Teaching. Pearson.

Hidayat, N., & Andini, S. (2018). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Inovasi Metode Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.

Ikbal, M., Siregar, R., & Gunawan, H. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Pendidikan Dasar, 31(3), 210-220.

Lillard, A. S. (1972). Montessori: The Science Behind the Genius. Oxford University Press.

Maria Montessori. (2004). The Montessori Method. 25th Anniversary Edition, Schocken Books. (2011). The Absorbent Mind. The Theosophical Publishing House.

Putri, Y. D. S. (2021). Area Pembelajaran dalam Kurikulum Montessori di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Montessori, 8(2), 45-50.

Ridwan, A. H., Setiawan, M., & Kurniawan, R. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 78-85.

Slameto, S. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Suntari, T., & Widianah, S. (2012). Analisis Konsentrasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Yamin, M., & Ansari, B. (2017). Pendidikan Berbasis Karakter: Integrasi Kehidupan di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.

Yuda, M. A., et al. (2022). Studi Komparatif: Konsentrasi Belajar Siswa SD dengan Metode Montessori dan Metode Konvensional. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 78-89.

Zahidi, R. (2020). Implementasi Metode Montessori di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 10(3), 89-97.

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check