Building Professional Competence through Career Wellbeing: Correlational Study of Teachers Indonesian Guidance and Counseling

Penulis

  • M. Fiqri Syahril Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Salsabila Nasution Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Fitri Yulianti Universitas Lampung, Indonesia
  • Inayah Ridhayanti Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Maslina Maslina Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurfaidah Ardis Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v9i2.4352

Kata Kunci:

Kesejahteraan Karir, Kompetensi Profesional, Guru Bimbingan dan Konseling

Abstrak

Abstrack: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara career well-being dengan kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling (BK) di Indonesia. Career well-being dipahami sebagai kondisi psikologis positif yang mencerminkan kepuasan dan keberlanjutan karier, sedangkan kompetensi profesional guru BK mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam memberikan layanan konseling sesuai standar Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh guru BK di Indonesia, dengan sampel berjumlah 1.000 orang yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa skala career well-being yang disusun peneliti berdasarkan teori Coetzee, Ferreira, & Potgieter serta angket kompetensi profesional yang dikembangkan oleh Mungin Eddy Wibowo. Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara career well-being dengan kompetensi profesional guru BK (r = 0,796; p < 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa guru BK yang memiliki tingkat career well-being tinggi cenderung menunjukkan kompetensi profesional yang lebih baik dalam memberikan layanan konseling. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan career well-being melalui program pelatihan dan pengembangan berkelanjutan guna meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling di Indonesia.

Referensi

Anggarini, D. J., Widiasari, S., Sofa, I. A., Ralianti, D. D., & Rahman, D. H. (2023). Analysis Of The Counselor’s Code Of Ethics: Problems In Implementation. International Conference On Educational Management And Technology (Icemt 2022), 404–410.

Coetzee, M., Ferreira, N., & Potgieter, I. L. (2021). Exploring The Construct Validity Of The Career Well-Being Scale For Its Potential Application As A Career Development Tool In The Coronavirus Disease 2019 Pandemic Career Space. African Journal Of Career Development, 3(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.4102/Ajcd.V3i1.39

Haryati, A. (2018). Personal Integrity Of Islamic Counselor On Professional Ethics Commitment. Islamic Guidance And Counseling Journal, 1(1), 11–16.

Ilisko, D., Badjanova, J., & Ignatjeva, S. (2020). Teachers’engagement With Work And Their Psychological Well-Being. Society. Integration. Education. Proceedings Of The International Scientific Conference, 5, 102–110.

Muwakhidah, M., Hartono, H., Firmasyah, R., & Syamsiah, N. (2023). Urgensi Kompetensi Pribadi Bagi Calon Konselor Dalam Mewujudkan Pelayanan Yang Prima. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(2), 102–112.

Nasution, S., Jamaris, J., Solfema, S., & Almizri, W. (2023). The Role Of Guidance And Counseling Teachers In Preparing Students For The Society 5.0 Era. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 7(2), 143–150.

Nasution, S., & Neviyarni, S. (2025). Pengaplikasian Layanan Oleh Guru Bk Untuk Mencapai Tujuan Manajemen Bk. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 5(2), 81–88.

Nasution, S., Neviyarni, S., & Hariko, R. (2024). Optimalisasi Persiapan Konseling Kelompok Berbasis Analisis Transaksional: Panduan Praktis. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 4(4), 174–180.

Noperlis, A. D., Karneli, Y., & Hariko, R. (2023). School Counselor’s Understanding Of Professional Counselor Ethics And Competence At Sma Negeri 10 Medan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 25–32.

Schumacher, S. (2017). For Many People, Their Job Title Reflects Their Identity.

Setiyowati, A. J. (2017). Understanding Profession Identity Of Junior High School Counselor In Malang City. 9th International Conference For Science Educators And Teachers (ICSET 2017), 816–823.

Sisask, M., Värnik, P., Värnik, A., Apter, A., Balazs, J., Balint, M., Bobes, J., Brunner, R., Corcoran, P., & Cosman, D. (2014). Teacher Satisfaction With School And Psychological Well-Being Affects Their Readiness To Help Children With Mental Health Problems. Health Education Journal, 73(4), 382–393.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Trim Komunikata Publishing House.

Syahril, M. F., Krismona, E. B., Nasution, S., & Al Jannah, R. N. H. (2025). Differential Career Well-Being Among Indonesian Guidance And Counseling Teachers. Progcouns: Journal Of Professionals In Guidance And Counseling, 6(1).

Syahril, M. F., Yustiana, Y. R., & Sunarya, Y. (2023). The Differences In Career Well-Being Among Indonesian School Counselors Based On Educational Qualifications. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 9(2).

Williams, K. M., Bertelsen, G., Cumberland, P., Wolfram, C., Verhoeven, V. J. M., Anastasopoulos, E., Buitendijk, G. H. S., Cougnard-Grégoire, A., Creuzot-Garcher, C., & Erke, M. G. (2015). Increasing Prevalence Of Myopia In Europe And The Impact Of Education. Ophthalmology, 122(7), 1489–1497.

Diterbitkan

2025-10-13

Cara Mengutip

Syahril, M. F., Nasution, S., Yulianti, F., Ridhayanti, I., Maslina, M., & Ardis, N. (2025). Building Professional Competence through Career Wellbeing: Correlational Study of Teachers Indonesian Guidance and Counseling. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 9(2), 107–113. https://doi.org/10.31100/jurkam.v9i2.4352

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check