Analisis Kebutuhan Media Flashcard Visual Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Marah Siswa

Authors

  • Shafa Kamila Ramadhani Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Sahril Buchori Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Fitriana Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • M. Fiqri Syahril Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v9i2.4350

Keywords:

analisis kebutuhan, media flashcard visual, regulasi emosi, kemarahan siswa, bimbingan konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan media flashcard berbasis visual sebagai sarana informasi layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan regulasi emosi marah siswa kelas VIII di SMP Telkom Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam bersama guru Bimbingan dan Konseling (BK). Berdasarkan hasil wawancara, ditemukan bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam mengenali dan mengelola emosi marah. Emosi tersebut sering kali muncul akibat tekanan akademik, konflik dengan teman sebaya, maupun kesalahpahaman dengan guru. Guru BK mengungkapkan bahwa layanan bimbingan yang tersedia masih bersifat reaktif dan belum didukung oleh media visual yang inovatif dalam membantu siswa memahami serta mengendalikan kemarahannya. Oleh karena itu, diperlukan media bimbingan yang menarik, interaktif, dan kontekstual. Media flashcard visual dinilai relevan karena dapat menampilkan ekspresi emosi, situasi pemicu, serta strategi pengelolaan marah secara konkret dan mudah dipahami. Temuan ini menunjukkan bahwa pengembangan media flashcard visual penting dilakukan sebagai inovasi layanan BK yang mendukung peningkatan kemampuan regulasi emosi marah siswa SMP secara adaptif dan konstruktif.

References

Aceh, kue tradisional khas. (2020). Kekerasan Verbal guruTerhadap Kepercayaan Diri Siswa. 2, 1–9.

Angeling, A., Mahadiva, T., Ghinarahima, C. N., Azzura, C. D., Idulfilastri, R. M., & Marella, B. (2024). Flashcard : Pengenalan Jenis Dan Regulasi Emosi Pada Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 14795–14810. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/12300/8321

Anggraini, A. A., Apriliya, S. A., & Saputra, E. R. (2024). Analisis kebutuhan flashcard sebagai media pelatihan literasi emosi pada anak usia sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(3), 579–588. https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19298

Arsyad, A. (2023). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); Revisi). PT. RajaGrafindo Persada.

Fridayanti, F., & Fitriah, E. A. (2020a). Mengapa Dan Bagaimana Saya Marah? Studi Eksplorasi Mengenai Penyebab Dan Pilihan Ekspresi Marah Pada Remaja Islam Beretnis Sunda. Jurnal Psikologi Ulayat. https://doi.org/10.24854/jpu193

Fridayanti, F., & Fitriah, E. A. (2020b). Why and how am I angry? Exploring the causes and expressions of anger of the Islamic Sundanese adolescents. Jurnal Psikologi Ulayat, 8, 69–90. https://doi.org/10.24854/jpu193

Gross, J. J. (2014). Handbook of Emotion Regulation (Second). The Guilford Press.

Gusti, Y., Warsah, I., & Saputra, H. (2024). Analisis Kompetensi Guru BK Dalam Memanfaatkan Media Teknologi Pada Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Tingkat Menengah Kepahiang. http://e-theses.iaincurup.ac.id/7757/%0Ahttp://e-theses.iaincurup.ac.id/7757/2/FULLTEKS.pdf

Hidayat, H., Afia, B., Yessari, M., & Yeni, zilfa. (2025). Mengatasi Kejenuhan Dan Mengoptimalkan Transfer DalamProses Belajar Dengan Strategi Efektif Untuk PeningkatanPrestasi Akademik. Dodaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 305–307.

Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68. https://doi.org/10.29210/3003244000

Intan, A. S. (2024). Aspek Peningkat Kompetensi dan Problematika Bahasa dalam Pendidikan Islam (Issue May). https://doi.org/10.5281/zenodo.11370597

Khairuzzakiah, H., & Siregar, M. F. Z. (2024). Peran guru BK dalam mengatasi ketidakstabilan emosional siswa di SMPN 12 Medan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1266–1277.

Kumala, H. K., & Darmawanti, I. (2022). Strategi Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Dengan Banyak Peran. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 19–29.

Mizan, M., & Uce, L. (2025). Pengelolaan Emosi Negatif dalam Konteks Pendidikan Remaja. Educational Studies and Research Journal, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.60036/ah05w331

Muhammad Zanika Esa Putra. (2024). Representasi Emosi Dalam Cuitan Twitter Komunitas Marah-Marah: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14(1982), 349–358. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.82042

Muharis, R. D., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Media Flashcard Dalam Menigkatkan Self Control Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education, 8(2), 683–689.

Muiz, A. A., Maftuh, A., & Zulkarnaen, R. H. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Kelas VI Di SDN 1 Sariwangi. Jurnal Pendidikan Rafflesia, 2(2), 67–80. https://doi.org/10.70963/jpr.v2i2.85

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran ICT. Jurnal PETIK, 3(32), 28–32.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Sesilia, A., Astuti, I. T., & Wijayanti, K. (2025). Gambaran Regulasi Emosi Remaja Sekolah Menengah Pertama di SMP Sultan Agung 4 Semarang. Corona: Jurnal Ilmu Kesehatan Umum, Psikolog, Keperawatan Dan Kebidanan, 3(2), 125–137. https://doi.org/10.61132/corona.v3i2.1219

Setiawan, D. W. (2024). Psikologi Pendidikan.

Setiawan, S. (2017). Pengaruh Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dan Regulasi Diri Terhadap Disiplin Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 259–265. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4372

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D) (Sutopo (ed.); Ke-5). ALFABETA.

Supérieure, É. (2016). Flash Card Media; Belajar Sambil Bermain Dalam Mempermudah Mengenal Kata Di Madrasah. d, 1–23.

Trikesumawati, D., Ishamy, W. M., & Rizqullah, R. M. (2025). Peran Media Dalam Mendukung Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Di Era Modern. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 531–539. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3749

Yuliandini, T. A., Apriliya, S., & Respati, R. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Flashcard Pada PBSI Bemuatan Literasi Emosi untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 8(1).

Yuliandini, T. A., Apriliya, S., & Respati, R. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Flashcard Pada Pbsi Bemuatan Literasi Emosi Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. At-Ta`Dib, 8(1). https://doi.org/10.32832/at-tadib.v8i1.19475

Yulianti, I. D., & Wahyuni, E. (2023). Pengembangan Media Workbook dengan Mindful Self-Compassion untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 12(1), 21–27. https://doi.org/10.21009/insight.121.03

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Ramadhani, S. K., Buchori, S., Fitriana, & Syahril, M. F. (2025). Analisis Kebutuhan Media Flashcard Visual Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Marah Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 9(2), 98–106. https://doi.org/10.31100/jurkam.v9i2.4350

Issue

Section

Articles

Citation Check