Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Brief Counseling Untuk Penguatan Self-Regulated Learning Mahasiswa

Need Analysis of E-Brief Counseling Development for Student’s Self-Regulated Learning Enhancement

Penulis

  • Akbar Naim Fadhlillah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Abdullah Pandang Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Farida Aryani Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Suciani Latif Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Akhmad Harum Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v9i2.4349

Kata Kunci:

self-regulated learning, SFBC, e-brief counseling, analisis kebutuhan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan memetakan kebutuhan pengembangan media e-brief counseling berbasis solution-focused brief counseling untuk meningkatkan self-regulated learning mahasiswa. Riset menggunakan pendekatan deskriptif-eksploratif (need assessment) sebagai tahap awal R&D (Borg & Gall), melibatkan 100 mahasiswa BK UNM dan 8 dosen. Instrumen berupa angket terbuka dan tertutup serta pedoman wawancara. Data kuantitatif dianalisis dengan persentase dan rerata, data kualitatif melalui reduksi, kategorisasi, dan interpretasi tematik. Hasil menunjukkan tantangan signifikan pada kemandirian pemecahan masalah (40% mahasiswa menyatakan sulit), keterbatasan akses/pengetahuan layanan tatap muka (41%), rendahnya pemanfaatan aplikasi konseling (91% belum pernah), serta jarangnya kunjungan ke unit layanan (76%). Ketiadaan layanan berbasis web dirasakan 58% responden, sementara kebutuhan terhadap platform daring disepakati oleh 100% mahasiswa dan 100% konselor; 97% mahasiswa menilai layanan daring memudahkan. Preferensi desain dan konten mengerucut pada fitur yang tersusun rapi (88%), bahasa semi-formal yang mudah dipahami (95%), palet warna lembut/pastel (81%), ilustrasi berbeda per fitur (68%), serta integrasi materi SRL dan tahapan SFBC, termasuk fitur asesmen (disetujui 100% konselor) serta dukungan infrastruktur kampus dinilai memadai. Temuan menegaskan kelayakan dan arah rancangan prototipe layanan konseling berbasis web yang terstruktur, mudah diakses, dan berorientasi solusi untuk penguatan SRL mahasiswa.

Referensi

Awalya, A., Y. Nugraha, E. Rifani, A. Meilanda, and R. Widigdo. 2021. “The Role of Parents in the Implementation of Guidance and Counseling Services Technology during the Covid-19 Pandemic.” European Journal of Education Studies 12.

Baştemur, Ş., and E. Bastemur. 2015. “Technology Based Counseling: Perspectives of Turkish Counselors.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 176:431–38.

Borg, W., and M. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction. 7th ed. Upper Saddle River: NJ: Pearson.

Fadhilah, M., D. Alkindi, and A. Muhid. 2021. “Cyber Counseling Sebagai Metode Meningkatkan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Literature Review.” Counsellia Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1:86–94.

Glasheen, K., M. Campbell, and I. Shochet. 2015. “School Counsellors’ and Students’ Attitudes to Online Counselling: A Qualitative Study.” Journal of Relationships Research 6.

Hastuti, M., and P. Tyas. 2021. “Online Media Usage in Guidance and Counseling Services during Covid-19 Pandemic.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 2:60–70.

Latif, Suciani dkk. 2019. Solution-Focused Brief Counseling (Konseling Singkat Berfokus Solusi): Panduan Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa. . tangerang selatan: cv. iqra’ lana.

Miftah, A., F. Aryani, A. Arnidah, M. Anas, and A. Saman. 2022. “Developing a Web-Based Online Counseling Service Application.” Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling 1:1.

Pordelan, N., S. Vakili, H. Heydari, S. Khamsehzadeh, and S. Hosseinian. 2022. “The Role of Online Counseling in Promoting Psychological Capital of Students in Corona Isolation.” Journal of Multidisciplinary Care 3:124–29.

Richards, D., and N. Viganò. 2013. “Online Counseling: A Narrative and Critical Review of the Literature.” Journal of Clinical Psychology 9:994–1011.

Rodda, S., D. Lubman, N. Dowling, A. Bough, and A. Jackson. 2013. “Web-Based Counseling for Problem Gambling: Exploring Motivations and Recommendations.” Journal of Medical Internet Research 5.

Setyawan, F., and A. Istiandaru. 2019. “Implementasi Self Regulated Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Kalkulus.” : : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 1:119.

Sudipa, I., P. Cakranegara, M. Ningtyas, E. Efendi, and A. Wahidin. 2022. “Penilaian Aspek Keaktifan Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode ORESTE.” Remik (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer) 3:436–47.

Zimmerman, B. J., and M. M. Pons. 1990. “Student Differences in Self-Regulated Learning: Relating Grade, Sex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use.” Journal of Educational Psychology 82(1):51–59.

Diterbitkan

2025-10-13

Cara Mengutip

Fadhlillah, A. N., Pandang, A., Aryani, F., Latif, S., & Harum, A. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Brief Counseling Untuk Penguatan Self-Regulated Learning Mahasiswa: Need Analysis of E-Brief Counseling Development for Student’s Self-Regulated Learning Enhancement. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 9(2), 85–97. https://doi.org/10.31100/jurkam.v9i2.4349

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check