Pengaruh Complete Sentence pada Keterampilan Menulis Kalimat Kelas III SD Inpres Campagaloe Kabupaten Bantaeng
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i03.4332Kata Kunci:
Complete Sentence method, Sentence Writing Skills, Indonesian Language Subjects.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa dalam keterampilan menulis kalimat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode pembelajaran Complete Sentence. Tujuan penelitian yaitu: (1) mengetahui penerapan metode Complete Sentence di kelas III, (2) mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan menulis kalimat, dan (3) menganalisis pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design bentuk one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 27 siswa kelas III SD Inpres Campagaloe 1, diambil dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, melalui tahapan pretest, pemberian perlakuan, dan posttest. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode Complete Sentence menunjukkan peningkatan setiap pertemuan dengan kategori sangat baik berdasarkan lembar observasi, (2) hasil belajar siswa setelah perlakuan masuk kategori baik, dan (3) terdapat pengaruh signifikan metode Complete Sentence terhadap keterampilan menulis kalimat siswa kelas III.
Referensi
Adha, R. (2022). Syntactic Analysis of Movement Transformation in Bahasa Indonesia. JL3T (Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching), 8(2), 95–113. https://doi.org/10.32505/jl3t.v8i2.4809
Ali, M. (2020). PeAli, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839mbelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Asmur, A. T., Syamsuri, A. S., & Asnidar, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(1), 167–178.
Handayani, N. (2024). penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar di kelas v sd negeri 004 pulau birandang kecamatan kampa kabupaten kampar.
Hendrawati. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Jurnal Akuntansi, 11(1), 82–89.
Hikmah, N., Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Model Complete Sentence Muatan Bahasa Indonesia Di Sdn 027 Samarinda Ulu. Jurnal Basataka (JBT), 3(1), 39–50. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i1.85
Iqbal, M. (2018). pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap hasil keterampilan menulis murid kelas v sd negeri romang polong kecamatan somba opu kabupaten gowa.
Laila Qadariyah, Khoirul Bariah Rambe, Wapiatul Khairiah, Rahmanita Minta Ito Pulungan, & Elvira Zahratunnisa. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675
Mulyati, Y. (2020). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34. Munawwarah Munawwarah, Zaifatur Ridha, & Satria Wiguna. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Complete Sentence Dalam Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMP Tunas Mandiri Tanjung Pura. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 77–87. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1013
Safitri, D. (2020). penerapan model complete sentence untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas ii sdn 3 banyuputih kecamatan kalinyamtan kabupaten jepara. 20, 45–57.
Salam, R., & Firman Agus, A. (2022). Inventa: jurnal pendidikan guru sekolah dasar pengaruh penerapan strategi directed reading thinking activity terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas iv. vi(2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa
Sari, D. Y., Oktariani, L., & Novira, M. (2024). Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 03(03), 72–80. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/view/3837
Sari, E., Aprinawati, I., & Ananda, R. (2021). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 250–262. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2036
SIHOMBING, S. U. M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 37 Medan. 6.
Syafitri, D. (2022). Penerapan Strategi KWL (Know Want To Know-Learned) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Peserta Didik Kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Zulkifli. (2023). Konstruksi Kalimat Dasar Bahasa Indonesia Murid Kelas I SDN 09 Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 67–73.
