Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 42 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i03.4224Kata Kunci:
Media Puzzle, Minat BelajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika siswa mengenai materi pecahan senilai dengan menerapkan media puzzle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini fokus pada dua aspek, yaitu fokus minat dan fokus proses. Kegiatan penelitian dilaksanakan di UPTD SD Negeri 42 Parepare, dengan subjek penelitian mencakup guru serta siswa kelas V UPTD SD Negeri 42 Parepare tahun ajaran 2024/2025. Jumlah peserta didik yang terlibat sebanyak 34 siswa, terdiri atas 16 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, angket minat belajar serta dokumentasi. Capaian pembelajaran pada siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan berapa pada kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II peningkatan telah mencapai kategori baik (B). berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle efektif dapat meningkatkan proses serta minat belajar matematika siswa pada materi pecahan senilai di kelas V UPTD SD Negeri 42 Parepare
Referensi
Andriana, E., Jovita, S. M., & Rokmanah, S. (2022). Analisis Penggunaan Media Puzzle Math pada Materi Pecahan di Kelas 5 SDN Sinaba Kota Serang Kecamatan Kasemen. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(1).
Andriana, E., Jovita, S. M., & Rokmanah, S. (2022). Analisis Penggunaan Media Puzzle Math pada Materi Pecahan di Kelas 5 SDN Sinaba Kota Serang Kecamatan Kasemen. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(1).
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Arifin, F. (2024). Kapita Selekta Matematika MI/SD. Jakarta: Publica Indonesia Utama.
Atika, A., & Andriati, N. (2023). Minat Belajar Anak Slow Learner. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Broadhurst, R. (2020). Mindset Awal Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Managing Environments for Leisure and Recreation, 1(2), 373–377.
Dika Nurhayati, Setyawati, D., & Maharbid, D. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan melalui Model Make A Match Pada Peserta Didik. Educational Journal of Bhayangkara, 2(2), 79–94.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(1), 104–117.
Hafshari, N. D., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Papan Sipat-Siput pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 467–479.
Hapuddin, S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.
Jayanti, Zulkardi, Putri, R., & Hartono, Y. (2023). Numerasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis E-Learning. Palembang: Bening Media Publishing.
Kudsiah, M., & Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Info Artikel Abstrak. Jurnal Elementary. 3(2), 102–106.
Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
M, S. M., Djabba, R., & Rahman, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 425.
Pahleviannur, R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V., Rizqi, Syahrul, Latif, N., Prihastari, E., Khurotul, A., Zakaria, & Hidayati. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Grup.
Palupi, A. T., Sismulyasih, N., Farikah, F. N., & Wasilah, Z. (2023). Metode dan Media Inovatif. Semarang: Penerbit Cahya Ghani Recovery.
Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86.
Putri, Sendi Annisa, Destiniar, & Sunaedi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1707–1715.
Usman, Yulia, & Handayani, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Interaksi Manusia di Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.
Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Semnara, 1–9
