Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPAS Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 29 Cenrana Kabupaten Soppeng

Penulis

  • Yulia Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Abd Halik Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Annisa Apriana Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa kelas IV. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas IV dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 21 yaitu 1 guru kelas IV dan siswa yang berjumlah 20. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (Cukup) dan keaktifan belajar siswa berada pada kategori Sedang. Siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan keaktifan belajar siswa berada pada kategori Tinggi.

Referensi

Antoni, Rio, and Dewanto. 2020. Pengembangan Keaktifan Siswa SMK Melalui Metode Pembelajaran Example Non-Example. Jptm, Vol 10(1): 62–71.

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, Vol 1(2).

Hasanah, Zuriatun., & Ahmad, Shofiyul, Himami. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, Vol. 1(1): 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Hotmian. 2018. Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Dengan Menerapkan Strategi Sort Card Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Gerbang Tahun 2017-2018. Jurnal Pendidikan Tabularasa, Vol. 15(3): 283–93.

Ilmi, Nur., Abdul, Wahid., & Syarifah, Nur, Fajrin. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV UPT SPF Inpres Kapasa Kota Makassar. Phinisi Integration Review, Vol. 6(3) : 477–486.

Israwaty, Ila., Muhammad, Amran., & Sherina. 2024. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Tentang Siklus Air Kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 9(2): 3227

Julianti, Ariska., & Usmaidar. 2024. Penerapan Model Example Non Example Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Aiawa Kelas VIII MTs Swasta Yaspen Muslim Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura. JMI: Jurnal Millia Islamia, Vol. 3(1): 37 –49.

Jusrianti, Yulia., & Nur, Ilmi. 2021. Application of Learning Methods Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) To Improve Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Education, Vol 1(1): 1–14.

Khoirurrijal, F. S. (2022). Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Mariyaningsih, Nining., & Mistina, Hidayati. 2018. Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Publisher.

Mazidah, Naila, Rahmatin., & Septi, Budi, Sartika. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, Vol 5(1): 9-16.

Muliawan, J. U. (2017). 45 Model Pembelajaran Spektakuler Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurfauziah, Anisa, I, Ro'fatul, Awaliah., Aditya, Muhammad, Nizar, S., Fahmi, Azka, Fauzan., & Didin, Mahfudin. 2023. Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Suatu Kajian Literatur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, Vol. 1(1): 1–10.

Partono., Hamengkubuwono., & Jeni, Fransiska.2020. Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Tajwid. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 5 (1): 31

Rokhanah, Nur., Asri, Widowati., & Eko, Hari, Sutanto. 2021. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3(5): 3173–80. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/860.

Rustiyarso., & Tri, Wijaya. 2020. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Depok: PT Huta Parhapuran.

Safitri, Nova, Riska., & Chanifudin, Chanifudin. 2024. Implementasi Metode Pembelajaran Example Non Example Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 2 Bengkalis. Lentera: Multidisciplinary Studies, Vol 2(2): 297–302. https://doi.org/10.57096/lentera.v2i2.82

Sutja, Akmal., Suparjo, Herlambang., & Nelyahardi. 2017. Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 37 Ayat 1. Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah Wajib Memuat (IPS). Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 20. Balitbang: Depdiknas

Yonatan, Eric. 2016. “Implementasi Model Example-Non-Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Di Smk Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Vol 4(1): 7–12.

Yulia., Ritha, Tuken., Sri, Ayu, Astuti. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Beach Ball Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas V UPT SD Negeri 1 Tanrutedong Kabupaten Sidenreng Rappang. JUARA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar,Vol 1(3): 270–75.

Yulia., Usman., & Andini. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Indahnya Keragaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV UPTD SDN 57 Parepare. Phinisi Integration Review, Vol 6(3): 382.

Yusrita, Sisi., Upit, Yulianti, Dn., & Ricci, Germani, Tatalia. 2023. Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, Vol. 3(2): 283–295.

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check