Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Hikmawati Usman Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Romansyah Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Idris Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i03.4042

Kata Kunci:

Pendidikan Kewirausahaan, kreativitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan kreativitas siswa di sekolah dasar, sebuah kajian yang relevan mengingat pentingnya pengembangan kreativitas melalui pendidikan kewirausahaan di tingkat dasar. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka, yang bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan merangkum berbagai sumber yang relevan mengenai peran pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan kreativitas siswa di tingkat sekolah dasar. Metode ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk memahami konteks yang lebih luas dari topik yang dibahas, serta mengidentifikasi pola dan tren yang ada dalam penelitian sebelumnya. Literatur yang diambil mencakup artikel jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber-sumber terpercaya lainnya yang berkaitan dengan pendidikan kewirausahaan dan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar memiliki dampak yang luas dan mendalam terhadap perkembangan kreativitas siswa. Melalui pengenalan konsep kewirausahaan, siswa tidak hanya belajar untuk mengenali peluang, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, etika, dan tanggung jawab sosial.

Referensi

Aisyah, N. (2020). "Dampak Pendidikan Kewirausahaan terhadap Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(2), 45-58.

Budi, S. (2019). "Kewirausahaan dan Kreativitas: Suatu Tinjauan Teoritis". Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 12-20.

Cahyani, R. (2021). "Penerapan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Jakarta". Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 101-110.

Dewi, L. (2022). "Peranan Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Pendidikan Kewirausahaan". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(4), 75-82.

Firmansyah, A. (2020). "Kewirausahaan Sebagai Alat Pengembangan Kreativitas Siswa". Jurnal Kreativitas Pendidikan, 7(2), 30-40.

Hidayati, N. (2021). "Hubungan Antara Pendidikan Kewirausahaan dan Kreativitas Siswa Junaidi, M. (2020). "Metode Pembelajaran Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kreativitas Anak". Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 22-35.

Kartika, S. (2019). "Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar". Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(1), 50-60.

Kuratko, D. F. (2016). Entrepreneurship: Theory, Process, Practice (10th ed.). Cengage Learning.

Lestari, D. (2022). "Strategi Pembelajaran Kewirausahaan untuk Mendorong Kreativitas Siswa". Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 8(3), 90-100.

Maulana, H. (2021). "Pendidikan Kewirausahaan dan Implikasinya Terhadap Kreativitas Siswa". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 78-89.

Ningsih, R. (2020). "Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar: Kesempatan dan Tantangan". Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 34-45.

Prasetyo, E. (2021). "Analisis Dampak Program Kewirausahaan terhadap Kreativitas Siswa". Jurnal Riset Pendidikan, 11(1), 20-30.

Septiana. (2023). Kewirausahaan sebagai Bekal Siswa Menjawab Tantangan Global.Artikel BBGP D.I. Yogyakarta.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Zimmerer, T. W., & Scarborough, N. M. (2008). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management (5th ed.). Pearson Education.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check