Pengaruh Metode Gamifikasi Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 85 Parepare

Penulis

  • Muhammad Asrul Sultan
  • Muslimin
  • Annisa Zahra Suryaningsi Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i1.4192

Kata Kunci:

Gamifikasi, Hasil Belajar, IPAS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode gamifikasi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 85 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan menggunakan desain quasi eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 85 Parepare, sedangkan sampelnya adalah kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan Sig (2-tailed)=0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode gamifikasi terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 85 Parepare.

Referensi

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.579

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Ginanjar, Eggi G. Bambang Darmawan., S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219.

Julianto, A. K. A., & Ekohariadi. (2020). Metode Gamification Pada Pemrograman Dasar Teknik Komputer Dan Informatika Di Sekolah Menengah Kejuruan. It-Edu, 05(01), 77–84.

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6.

Mukarromah, T. T., & Agustina, P. (2021). Gamifikasi Berbasis Aplikasi dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 18–27. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.33338

Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 137–156.

Nurbaiti, Meriyati, & Ganda Putra, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Konsep Gamifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 1–13.

Ristiana, M. G., & Dahlan, J. A. (2021). Pandangan Mahasiswa Calon Guru Dalam Penggunaan Model Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 127–136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.127-136

Rohaila Mohamed Rosly dan Fariza Khalid. (2017). Gamifikasi: konsep dan implikasi dalam pendidikan. Gamifikasi : Konsep Dan Implikasi Dalam Pendidikan, 144–154.

Rostikawati, D. A., & Yustiana, Y. R. (2024). Penelitian Survei: Minat Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Pembelajaran Ipa. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 555–560. https://doi.org/10.29100/.v6i2.4289

Sugiyono & Lestari. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Analisis Teks, Cara Menulis Artikel Untuk Jurnal Nasional dan Internasional. Bandung:Alfabeta Febriansah, A. T., Syaifuddin, A., & Soepriyanto, Y. (2021). Perkembangan Gamifikasi di Bidang Pendidikan. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(2), 177–186.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check