Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 117 Barru

Penulis

  • Abd Halik Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Kamaruddin Hasan Universitas Negeri Makassar, Indonesia, Indonesia
  • Isra Nurul Nisa Universitas negeri makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v8i1.4073

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia tentang mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan proses belajar mengemukakan pendapat siswa di kelas  VI UPTD SD Negeri 117 Barru. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas VI UPTD SD Negeri 117 Barru. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu apabila proses penerapan Reciprocal Teaching  dan hasil belajar siswa berada pada kualifikasi baik. Hasil penelitian siklus I berada pada kualifikasi cukup (C), sedangkan hasil penelitian pada siklus II berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas VI UPTD SD Negeri 117 Barru.

Referensi

Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Djamarah, S.B., & Zain A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djumingin, S., Juanda, & Tamsir, N. (2022). Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Makassar.

Eliyanti, M. S. (2019). Tuturan Dalam Pembelajaran Berbicara dengan Metode Reciprocal Teaching. Media Sahabat Cindekia.

Fatimah. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Debat Aktif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasnah, Halik, A., & Anwar, D. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Refllect, Recite, Review (PQ4RR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Pada Siswa IV SDN 105 Pinrang. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1).176.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).157.

Kamaruddin, Halik, A., & Andarsumar, M. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Muatan Ipa Tentang Siklus Air Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 75 Parepare. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3).231.

Khasanah, U. (2019). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Skripsi Universitas Lampung Bandar Lampung.

Khusnia, D., & Nuraida, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (pembelajaran Terbalik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasa Pencemaran Lingkungan. 14(1).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Muzni, A. I., Wibowo, A., & Eviliana, T. (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Buzz Group Terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat. Conseling Millennial, 2(2), 378.

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Regita, N. A., Pramiarsih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat. Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 100.

Sani, R. ., Sondang, R. ., & Hary, S. & S. (2017). Penelitian Pendidikan. Medan. Tsmart Printing.

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check