Karier Siswa: Kajian Berdasarkan Program Studi Keahlian di SMK
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i1.506Abstrak
Di Sekolah Menengah Kejuruan ada siswa yang belum mencapai perkembangan karier yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempati dan perencanaan karier siswa serta menguji hubungan antara persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempati dengan perencanaan karier. Penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan sampel 260 siswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model likert. Analisis deskriptif dilakukan dengan menentukan nilai skor dan persentase. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian menunjukkan: (1) persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempati berada pada kategori positif, (2) perencanaan karier siswa berada pada kategori baik, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempati dengan perencanaan karier, dengan koefisien korelasi 0,801 pada taraf signifikansi 0,000. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan perencanaan karier siswa yang dapat dilakukan antara lain dengan mengubah persepsi siswa tentang program studi keahlian yang ditempatinya.Referensi
Ansyar, M. 2015. Kurikulum: Hakikat, Pondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Aqib, Z. 2012. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.
Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. (2013). Usaha yang dilakukan siswa dalam menentukan arah pilihan karir dan hambatan-hambatan yang ditemui. Konselor, 2(1).
Gani, R. A. 1996. Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa.
Gladding, S. T. 2012. Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.
Hurlock, E. B. 2002. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
King, L. A. 2010. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika.
Makmun, A. S. 2012. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prayitno & Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Salahudin, A. 2012. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.
Sharf, R. S. 2010. Applying Career Development Theory to Counseling. USA: Brooks/Cole. Cengage Learning.
Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sumanto. 2014. Psikologi Umum. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.
Supriatna, M., & Budiman, N. (2010). Layanan Bimbingan Karier di Sekolah Menengah Kejuruan (e-book). Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.
Winkel, W. S. & Hastuti, S. 2013. Bimbingan dan Konseling di Industri Pendidikan. Media Abadi: Yogyakarta.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â

JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.