Pengembangan Media Informasi E-Komik Anti Bullying Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v7i1.2613Abstrak
Penelitian ini  bertujuan mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan e-komik anti bullying dalam pemberian layanan informasi bagi siswa (2) Prototype e-komik anti bullying sebagai media informasi bullying bagi siswa (3) Tingkat validasi e-komik anti bullying dalam memberikan layanan informasi bullying pada siswa (4) Tingkat kepraktisan e-komik anti bullying dalam memberikan layanan informasi bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi oleh peneliti dari 10 menjadi 7 tahapan pengembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN 14 Batang sebanyak 20 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan. Hasil penelitian diperoleh (1) Siswa membutuhkan layanan informasi e-komik anti bullying mengenai strategi pencegahan perilaku bullying, akan tetapi belum tersedia media dilingkungan sekolah. (2) Prototype media e-komik anti bullying terdiri atas 7 tampilan utama yaitu tampilan sampul komik, hak cipta, panduan penggunaan e-komik, isi cerita, pesan moral dan nilai karakteristik, lampiran berupa tips untuk menghindari bullying, dan tampilan video (3) Tingkat validitas media informasi e-komik anti bullying sebagai media informasi bagi siswa sudah valid untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan hasil dari penilaian dua orang ahli, yaitu: ahli materi, dan ahli media, Akan tetapi masih perlu dilakukan perbaikan produk untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas untuk nantinya bisa diimplementasikan secara luas dilapangan (4) Tingkat kepraktisan media informasi e-komik anti bullying sebagai media informasi bagi siswa sudah praktis untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan hasil dari penilaian wali kelasReferensi
(2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Negeri Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar Sulawesi Selatan. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1318–1333.
Amalia, R., Hendriana, B., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying pada Siswa Anak Usia Dini. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2391–2401.
Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini, S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 8(2), 93–106.
Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55–66.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. UNJ PRESS.
Gaina, M. E., Trishinta, S. M., & Rosdiana, Y. (2022). Hubungan Eksistensi Diri Terhadap Pengontrolan Emosi Korban Bullying Pada Remaja Di SMP Sunan Giri Malang. Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
Heryani, N. (2020). Pengembangan Aplikasi Strategi Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190–194.
Ismail, K. (2020). Perancangan Komik Edukasi Untuk Mencegan Bullying Pada Anak SMP. EProceedings of Art & Design, 7(2).
Leztizia, & Aditia. (2018). Perancangan Buku Komik Edukasi Pencegahan Perilaku CyberBullying Pada Remaja. EProceedings of Art & Design, 5(3).
Mujna Simo, P., & Widyastuti, D. (2021). Gambaran Dampak Perilaku Bullying pada Mahasiswa Keperawatan di Perguruan Tinggi: Literatur Review.
Munawarah, R. R. D. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 15–32.
Permata, I. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja; Studi Kasus Pada pelajar SMA Negri Palembang. Jurnal Interpensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 3(1), 10–16.
Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46–55.
Rahmanto, P. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas VII. Jurnal Genta Mulia, 10(1), 105–121.
Ramdhan, S., Tullah, R., & Janah, S. N. (2019). Iklan Animasi Stop Bullying Pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia. Jurnal Sisfotek Global, 9(2).
Siahaya, S. K. V. (2021). Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Penindasan atau Bullying Disekolah. LEX CRIMEN, 10(3).
Siregar, L. (2019). Strategi orangtua dalam upaya mengatasi perilaku bully remaja di Desa Padang Matinggi Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. IAIN Padangsidimpuan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â

JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.