Pengembangan Aplikasi Alat Ukur Tingkat Penyesuaian Diri Anak Dalam Bidang Layanan Pribadi
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v6i2.2217Abstrak
Penelitian ini mengembangkan mengenai aplikasi alat ukur tingkat penyesuaian diri anak dengan kajian utama yaitu untuk mengetahui : (1) Gambaran kebutuhan pengembangan Aplikasi alat ukur tingkat penyesuaian diri anak dalam bidang layanan pribadi di SMA Negeri 2 Soppeng. (2) Prototype aplikasi alat ukur tingkat penyesuaian diri anak dalam bidang layanan pribadi di SMA Negeri 2 Soppeng. (3) Tingkat validitas dan kepraktisan aplikasi alat ukur tingkat penyesuaian diri anak dalam bidang layanan pribadi di SMA Negeri 2 Soppeng. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (1) Gambaran kebutuhan pengembangan aplikasi alat ukur tingkat penyesuaian diri anak dirasa sangat membutuhkan aplikasi ini guna membantu guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan proses konsling untuk mendapatkan informasi yang baik mengenai masalah siswa sehingga treatmen yang diberikan cocok dengam permasalahan. (2) Prototype aplikasi alat ukur tingkat penyesuaian diri anak ini yaitu aplikasi yang dirancang terdiri atas tujuh bagian tampilan halaman yakni halaman awal, tujuan, manfaat, instruksi, biodata, isi tes yang terdiri atas 60 pernyataan dengan model skala dan halaman hasil tes. (3) Tingkat validitas dan kepraktisan aplikasi alat ukur tingkat penyesuaian diri anak ini ialah berdasarkan hasil uji ahli yang telah dilakukan disimpulkan bahwa aplikasi ini dinyatakan sangat valid dan layak untuk diberikan di sekolahReferensi
Aswadi, dkk. 2018. Perilaku Menghisap Lem (Ngelem) Sebagai Tahap Dini Penggunaan Narkoba Pada Remaja Di Kota Makassar. Public Health Science Journal, Vol. 10 (2, 2018). (di akses pada 14 oktober 2020).
Andi Setiawan. 2016. Peranan Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling. Bitnet jurnal pendidikan teknologi informasi. Volume 1, Nomor 1, h. (46-49).
Azizah Fatmawati, dkk. 2016. Pengembangan Aplikasi Tes Kepribadian Berbasis Intelegent Agent Menggunakan Metode Summary. IJCCS. Volume 10, Nomor 2, h. (173-182).
Bangun, Nurita BR. Hasan Abdul. 2015. Pengembangan Media Web Bimbingan dan Konseling. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, h. (99-110).
Cahyani, D. 2019. Solution focused therapy untuk memperbaiki pola komunikasi ibu dan anak. PROCEDIA Studi Kasus dan Intervensi Psikologi. Volume 7, Nomor 2, h. (65-73).
Daruma, R. 2003. Penggunaan Tes Psikologi. Makassar: Badan Penerbit FIP UNM.
Deliani, Nurfarida. 2018. Konsepsi (Kesalapahaman) Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Volume 1, Nomor 2, h. (11-126).
Fasha, dkk. 2015. Pengembangan Model E-Career Untuk Meningkatkan Keputusan Karir Peserta didik Sma Negeri 3 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Volume. 1, Nomor. 2.
Fakultas Psikologi Universitas Mulawarman. 2017. Administrasi Tes. Kalimantan Timur: Universitas Mulawarman.
Gunawan, Andreas. 2016. Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Volume 16, Nomor 1, h. (3-10).
Haeba, Haerani Nur. 2009. Terapi Kognitif Perilakuan dan Depresi Pasca Melahirkan. Jurnal Intervensi Psikologi. Volume 1, Nomor 1, h. (1-124).
Kasih Fitria. 2017. Profil Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pelayanan Kelompok Di Sma Sumatra Barat. Jurnal Counseling Care, Volume 1, Nomor 1, h. (13-26).
Maurah, Ratih. 2012. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Kecendrungan Baby Blues Syndrome Pada Ibu Pasca Melahirkan. Skripsi (tidak ditebitkan). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mufida, SAA. 2014. Hubungan Internalisasi Norma terhadap Safety Ridding pada Komunitas Vario Owner Club Malang. Skripsi (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Muhid, A. dkk. 2017. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Surabaya: Universitas Islam Negeri Surabaya.
Nuzliah dan Siswanto Irman. 2019. Standarisasi Kode Etik Profesi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Edukasi Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume. 5, Nomor 1, h. (64-75).
Purwoko, Muhammad Fauzi. 2019. Pengembangan Instrumen Bimbingan Karier Melalui Adaptasi Skala Career Adapt-Abilities Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Sekabupaten Temanggung. Tesis (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, P. 2017. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Penerbit IAIN Sunan Ampel.
Ramlah. 2018. Pentingnya Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Peserta Didik. Jurnal AL-MAU’IZHAH, Volume. 1, Nomor 1, h. (70-76).
Riskinanti, K. 2016. Tes Inventori SSCT. Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Rian, Saputro. 2014. Sikap Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap Pemanfaatan Laboratorium Outdoor IPS di Desa Bokoharjo. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohmadani, Zahro Varisna. 2017. Relaksasi dan Terapi Menulis Ekspresif sebagai Penanganan Kecemasan pada Difabel Daksa. Journal of Health Studies. Volume 1, Nomor 1, h. (18-27).
Sri Hayati. 2012. Research and Development (R&D) sebagai salah satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan. Volume 37, Nomor 1, h.. (12).
Syarah, Y. 2016. Interpretasi Bentuk Pada Arsitektur Graha Maria Annai Vangkanni. Skripsi (tidak diterbitkan). Medan: Fakultas Arsitektur Universitas Sumatera Utara.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahidah, Nurul dkk. 2019. Peran dan Aplikasi Assesment dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus, Volume. 2, Nomor 2, h. (45-56).
Widiasavitri, Putu Nugrahaeni, dkk. 2016. Bahan Ajar Materi Kuliah Psikodiagnostika I dan Administrasi Alat Tes Psikologi. Denpasar: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Wiroko, Endro Puspo, dkk. 2018. Pengantar Psikodiagnostik 1. Jakarta: Universitas Pancasila.
Wirmanto. 2014. Analisis Faktor dan Penerapannya dalam Mengidentifikasi FAaktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen terhadap Penjualan Media Pembelajaran. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Yadnyawati, Ida Ayu Gde. 2019. Tes Kepribadian Remaja di Era Mellineal (Asesmen untuk Bimbingan Konseling). Proceeding Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. Bandung, 27-29 April 2019.
Yuliarmi dan Marhaeni. 2019. Metode Riset jilid 2. Bali: CV. Sastra Utama.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â

JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.