PENGARUH MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT KEPUTUSAN KELAS II SDN KAG 02 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3515Kata Kunci:
Hasil Belajar, PBLAbstrak
Penelitian ini berlandaskan pada hasil belajar siswa yang rendah dan kegiatan yang belum berpihak pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi Membuat Keputusan di kelas II SD N Karanganyar Gunung 02 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain One-Group-Pretes-Posttest. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II B SD N Karanganyar Gunung 02 Semarang yang berjumlah 30 siswa dengan jumlah siswa 14 orang dan jumlah siswi 16 orang. Dari hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai belajar. Penggunaan model PBL membawa dampak ke arah yang lebih baik. Rata-rata nilai pretest yaitu 57,83 dan nilai posttest yaitu 88,50. Selain itu model PBL juga berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada nilai rata-rata NGain sebesar 0,7339 di mana hal ini dinyatakan model PBL memiliki pengaruh yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dalam pe,belajaran mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Membuat Keputusan mata pelajaran PPKn, Selain itu kegiatan belajar yang variatif juga dapat membuat pengalaman yang bermakna bagi siswa.Referensi
Agung, H. (2014). Mengetahui karakteristik peserta didik untuk memaksimalkan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter , 14-25.
Agustin Husnul Khotimah, D. K. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING . Jurnal Kajian Teknologi, 158-165.
Aini, N. Y. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas IV MI Al-Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 2 , 179-182.
Aisyah Nofziarni1, H. Y. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal BasiceduVolume 3Nomor 4Tahun 2019Halaman2016-2024.
Alfianiawati, T. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DIKELS V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1-10.
Asrifah, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN PONDOK PINANG 05. Jurnal Buana Pendidikan , 183-193.
Bella, Y. S. (2019). PENGARUH MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR . Journal of Education Technology Vol. 2.
Bhoke, Y. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD. Journal of Education Technology Vol.2, 70-75.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2. No. 1, 17-26.
Liu, G. a. (2021). Problem Based Learning: Its Advantages, Current Situations and Future Development." 2021 4th International Conference on Humanities Education and Social Sciences (ICHESS 2021). Atlantis Press , 347-352.
Melinda, V. a. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai 4.2, 1526-1539.
Nisa, E. K. (2018). Effectiveness of guided inquiry learning model to improve students’ critical thinking skills at senior high school. In Journal of Physics: Conference Series, vol. 997, no. 1.
Nofziarni, A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ). Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 4.
Novianti, A. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4, no. 1, 194-202.
Prasetyo, F. a. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1, 13-27.
Pratiwi, E. T. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu 4.2, 379-388.
R, J. S. (2015). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Essential readings in problem-based learning: Exploring and extending the legacy of Howard S. Barrows 9.2, 5-15.
Sasmita, R. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5, no. 5, 3472-3481.
Suliyati, S. M. (2018). Penerapan model PBL menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar peserta didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning 3, no. 1.
Wahab, A. J. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal Basicedu 5, no. 2, 1039-1045.