Penerapan Media Video dalam Pembelajaran Teks Hikayat

Penulis

  • Salma Salshabella Nur Hamida Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3511

Kata Kunci:

Media Video, Pembelajaran, Hikayat.

Abstrak

Abstrak.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan media video dalam pembelajara teks hikayat kelas X SMA. Metode penelitian yaitu kualitatif, sedangkan langkah-langkah analisis data meliputi pertama pengumpulan data, kedua reduksi data, ketiga penyajian data, serta keempat  penarikan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi pertama penerapan media video dalam pembelajaran teks hikayat dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta refleksi. Kedua evaluasi penerapan media video dalam pembelajaran teks hikayat diperoleh bahwa lebih banyak siswa yang memiliki nilai mencapai KKM lebih tinggi ketika pelaksanaan pembelajaran menggunakan media video. Ketiga hambatan meliputi hambatan eksternal dan hambatan internal.

Biografi Penulis

Salma Salshabella Nur Hamida, Universitas PGRI Semarang

S.Pd

Referensi

Berliannisa, F. (2023). Penggunaan Media Ajar Video dalam Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 50–55.

Destarina, D., Arifin, M., & Noermanzah. (2022). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Teks Hikayat Selama Masa Pandemi COVID-19 Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu 1. Jurnall Ilmiah Korpus, 6(3), 334–341.

Hardani, Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Haryono, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Menggunakan Alat Bantu Tali Rintangan. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(1), 1–9.

Hasminur, Charlin, & Sinaga, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Video Stop Motion Dalam Menentukan Nilai Sebagai Implementasi Pembelajaran Teks Hikayat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 112–125.

Hrp, N. A., Masruroh, Z., Saragin, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Widina Media Utama.

Kusumasari, M., Ripai, A., Harijanti, S., & Utama, S. F. W. (2023). Analisis Nilai-nilai Teks Hikayat Indera Bangsawan dan Pembelajarannya Kelas X. Journal On Teacher Education, 5(1), 455–465.

Lestari, K., Sulissusiawan, A., & Wartiningsih, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Hikayat Menjadi Cerpen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–10.

Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di Sdn 1 Tanah Tinggi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 366–377.

Maulida. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Nilai-Nilai Hikayat Kelas X A BRCF SMK Negeri 3 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 10–16.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Rosita, F. Y., & Achsani, F. (2019). Kemampuan Menceritakan Video Hikayat Abu Nawas Siswa Kelas X Ipa 1 Man 1 Surakarta Melalui Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 103–108.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wuryani, T., Wismanto, A., Sudiyati, & Fahmy, Z. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Teks Hikayat Pada Peserta Didik Sma/Smk Di Semarang. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 173–178.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan The. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles