Analisis Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar Negeri 07 Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3507Kata Kunci:
Impelementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran PKn, Siswa Sekolah Dasar.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran PKn di SD Negeri 07 Banyumudal. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif berupa deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN 07 Banyumudal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh menggunakan teknik perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran PKn ini berpedoman pada modul ajar yang telah memuat nilai-nilai karakter di setiap langkah pembelajarannya. Implementasi nilai karakter ini dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran PKn ini antara lain religius, toleransi, disiplin, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, dan tanggung jawab.Referensi
Damri, & Putra, F. E. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Kencana.
Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2020). Pendidikan Karakter. Qiara Media.
Feri, T. (2016). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Buku Baik.
Haderani. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49.
Jazrudin, Putera, Z., & Wajdi, F. (2020). Membangun Krakter Peserta Didik Melalui Penguatan Kompetensi PKn dan Penerapan Alternatif Pendekatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42–52.
Julianti, U. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SDN 2 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skipsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Muslich, M. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensi. Bumi Aksara.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran PKn di SD. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.
Puskur. (2019). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Depdiknas.
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(2), 173–190.
Setiyaningsih, D., Rosmi, F., Santoso, G., & Virginia, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 279–286.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234.