Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Jam Pecahan terhadap Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • suci setyoningsih Universitas PGRI Semarang
  • Noviana Dini Rahmawati Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3490

Kata Kunci:

Hasil belajar, Matematika, PBL, jam pecahan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media jam pecahan terhadap hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SDN Pandeanlamper 03 sebelum dan sesudah tindakan. Desain penelitian ini menggunakan pre experimental designs dengan teknik sample jenuh sehingga sampel yang digunakan sebanyak 28 siswa. Kemudian untuk hasil penelitian didapatkan dari pengumpulan data yang berupa observasi, dokumentasi, tes tertulis pretest dan posttest. Sehingga didaptkan hasil penelitian bahwa pengguaan model pembelajaran problem Based Learning dengan media jam pecahan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil uji n-gain 0,5686 yang berarti penggunaan model ini cukup efektif dengan kriteria sedang. Kemudian uji hipotesis dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai thitung 8,043 > ttabel 2,051, maka dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak atau Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media jam pecahan terhadap hasil belajar siswa.

Referensi

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Apriliani, (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Dalam Tema 9 Menjelajah Ruang Angkasa Di SD Negeri 3 Jambu. Didaktik. jurnal ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Hidayat, M. Y., Rikha, S., & Maulida, H. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Application of The Problem Based Learning ( PBI ) Model To Improve Concept Understanding. 2(1), 25–26.

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323

N.K. Mardani, N.B. Atmadja, & I.N.Suastika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888.

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Owen, C. (2019). Problem-Based Learning. Learning and Teaching in Higher. Education: Perspectives from a Business School, 139–151. https://doi.org/10.4337/9781788975087.00027

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Siswa Kelas Iii Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21–32.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Reka seprina, Y. (2021). Edu Sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, 1(1), 84–93.

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles