Keefektifan Media Papan Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Wonotingal Semarang

Penulis

  • Dinda Tri Dinda Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3489

Kata Kunci:

Media Papan Penjumlahan, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media papan penjumlahan terhadap hasil belajar peserta didik pada siswa kelas III SD N Wonotingal Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan ada dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media papan penjumlahan secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata peserta didik meningkat dari 70 menjadi 85 pada siklus pertama dan menjadi 90 pada siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan penjumlahan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.

Referensi

Pemanfaatan media pembelajaran dengan tepat pada kegiatan pembelajaran dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi serta menciptakan pembelajaran matematika yang lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles