Pengaruh Hasil Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3482Kata Kunci:
Hasil belajar, media pembelajaran, aplikasi WordwallAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Wordwall pada peserta didik kelas II B SDN Karanganayar Gunung 02. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Design dan One Group Pretest-Posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II B SDN Karanganayar Gunung 02. Teknik pengambilan sampel dilakukan oleh 28 peserta didik kelas II B SDN Karanganyar Gunung 02. Pengambilan data diperoleh dari pelaksanaan tes yang dilakukan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh hasil rata-rata Pretest sebesar 50,71 dan hasil Postest sebesar 91,71, Artinya hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil uji Paired Sampel Test diperoleh 0,000<0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan hasil uji-gain diperoleh 82,9 artinya termasuk dalam kriteria cukup efektif, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa terhadap penggunaan aplikasi Wordwall.Referensi
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Awaliah, R., & Idris, R. (2015). Pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii mtsn balang-balang kecamatan bontomarannu kabupaten gowa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 59-72.
Dewi, A. R. K., Fitrianna, A. Y., & Afrilianto, M. (2023). Analisis Pendekatan Saintifik Melalui
Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Vii Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 465-472.
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696.
Indhaka, W. A., Supraptono, E., & Sugiarti, N. (2016). Penerapan buku sekolah elektronik berbasis android dalam materi ajar besaran dan satuan. Didaktikum, 17(2).
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839.
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).
Sapriyah, S. (2019, May). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453-5460.
Simamora, L. (2015). Pengaruh persepsi tentang kompetensi pedagogik guru dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).
Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 428.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. BandungAlfabeta
Tobamba,E. K., Siswono, E., & Khaerudin. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 03(02).
Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi model pembelajaran Gerlach dan Ely melalui integrasi nilai-nilai keislaman sebagai upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29-38.