KORELASI ALAT PERAGA KIT IPA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Abd Hafid UNM
  • Muhammad Amran Universitas Negei Makassar
  • Siti Nur Hasma UNM

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3462

Kata Kunci:

Alat Peraga KIT IP, Motivasi Belajar, Siswa

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui gambaran hubungan alat peraga KIT IPA kelas V SD Negeri 3 Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau, mengetahui gambaran motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau dan mengetahui ada atau tidak adanya hubungan signifikan antara alat peraga KIT IPA dengan motivasi belajar (studi pada siswa kelas V SD Negeri 3 Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau). Variabel X dalam penelitian ini adalah alat peraga KIT IPA dan variabel Y adalah motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Lamangga yang berjumlah 24 orang dan sampelnya adalah seluruh populasi. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis  data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian alat peraga KIT IPA memiliki rata – rata 93,50 berada pada kategori sangat baik dan motivasi belajar siswa memiliki rata – rata 95,58 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil statistik inferensial menunjukkan rhitung ? rtabel (0,669 > 0,432) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian H1 diterima H0 ditolak, sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara alat peraga KIT IPA dengan motivasi belajar studi pada siswa kelas V SD Negeri 3 Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau.

Biografi Penulis

Abd Hafid, UNM

PGSD

Muhammad Amran, Universitas Negei Makassar

Siti Nur Hasma, UNM

PGSD

Referensi

Amran, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media KIT IPA di SD Negeri Mapala Makassar. In Jurnal Office (Vol. 3, Issue 1).

Azis, D. A. (2023). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Implementasi Penggunaan Media Learning Videos Terhadap Motivasi Dan Hasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 317–321.

Badrudin, D., Wibowo, S. (2014). Skripsi. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran Kit Ipa dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa (Vol. 3, Issue 2).

Budianti, & Azis. (2023). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Alat. 322–326.

Hafid, A., Amran, M., Azizah, A. N., Muhlis, P., Fakultas, P., Kunci, K., & Pembelajaran, M. (2023). Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas Tinggi. Tahun, 2(4), 317.https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index

Hutauruk, P., & Simbolon Surel, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. In SEJ (School Education Journal (Vol. 8, Issue 2).

Justikaningrum, K., Khusus, J. P., Pendidikan, F. I., Makassar, U. N., & Berseri, M. G. (2023). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri Pada Siswa Tunarungu Kelas V SLB. 7(2), 226–233.

Muin, A., Firdaus, F., & Hajar, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 342.https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.37337

Rasyid, A. (2008). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Alat Peraga KIT IPA Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Negei 1 Biwinapada Kec. Siompu Kab. Buton. Universitas Negeri Makassar.

Rukmana, & Anin. (2011). Meningkatkan Keterampilan Aktivitas Ritmik Teerstruktur Bebas Melalui Pendekatan Formal- Informal Dengan Media Musik.

Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738–2746. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2467

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Armas Duta Jaya.

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles