Pengembangan Media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) Untuk Minat Belajar Siswa Kelas IV Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Penulis

  • Al Fenia Dewi Safira Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3438

Abstrak

Pengembangan media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SDN Sisir 03 Batu pada siswa kelas IV bahwa kurangnya memanfaatkan media, isi materi terlalu banyak dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PAKAPIN materi “Makna dan contoh sila-sila Pancasila di kehidupan sehari-hari” mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk subyek penelitian ini, siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh akan dianalisis dengan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 77% dan hasil validasi media sebesar 83%. Untuk hasil respon siswa memperoleh penilaian rata-rata persentase sebesar 96% dan hasil respon guru memperoleh persentase sebesar 95%. Sedangkan hasil tes evaluasi mendapatkan nilai rata-rata 86%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media PAKAPIN menarik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles