IMPLEMENTASI MODEL PBL BERBASIS MOOC DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK DAN LOGIS PADA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3372Kata Kunci:
model pbl, mooc, kecerdasan linguistik, kecerdasan logisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan linguistik dan logis peserta didik mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran PBL berbasis MOOC. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan menggunakan penelitian kuantitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui pre-test dan post-test, dan penelitian kualitatif pada wawancara, observasi kelas, serta analisis konten dari hasil diskusi di forum MOOC. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 51 Gresik berjumlah 20 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan data pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji normalitas berdistribusi normal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,093 > 0,05 dan 0,089 > 0,05. Uji paired samples t tests diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,00 yang menegaskan bahwa peningkatan efektivitas tidak terjadi secara kebetulan. Hasil wawancara memperlihatkan bahwa penggunaan model PBL berbasis MOOC dapat meningkatkan kerja sama peserta didik. Peserta didik merasa senang, dan bisa mengerjakan soal cerita setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL berbasis MOOC. Peserta didik juga merasa lebih mengerti tentang materi yang dipelajari dan dapat berkolaborasi dengan temannya dalam menyelesaikan proyek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model PBL berbasis MOOC dapat mengembangkan kecerdasan linguistik dan logis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan model pembelajaran berbasis proyek yang sesuai dengan konteks lokal dan budaya.
Referensi
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Educause Learning Initiative, 2015. 7 Things You Should Know About MOOCs II. Diperoleh dari https://net.educause.edu/ir/library/pdf/ELI7097.pdf pada tanggal 27 Februari 2014.
Educause, 2015. Massive Open Online Course (MOOC). Diperoleh dari http://www.educause.edu/library/massive-open-online-course-mooc pada tanggal 27 Februari 2014.
Johnson, B. Elaine. 2007. Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung. Mizan Learning Centre (MLC)
Mahabbati, A. 2007. Pendekatan Problem Based Learning untuk Pembelajaran Vol. 2 No.1 Oktober 2017 Optimal. Makalah suplemen pada Seminar Pengembangan Ilmu Pendidikan di Aula Registrasi UNY, 3 Maret 2007.
Maulida, Himatul. 2023. “Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka” dalam jurnal NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU). Vol. 01 No. 01.
Nafiah, Yunin Nurun dan Wardan Suyanto. 2014. “PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA” dalam Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 4 No. 1.
Paul, Suparno. 2004. Teory Intelligensi Ganda Dan Aplikasinya Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Septyaningsih, D. (2018). “Pengaruh Kecerdasan Linguistik-Verbal dan Logis Matematis terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita” dalam jurnal Prosiding SENDIKA, No 4, Vol 1.
Sugiarti, Ayu. 2019. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. (Skripsi, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya).
Sulistyorini, Muhammad Fathurrahman. 2012. Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.