Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Cerita Bergambar di Sekolah Dasar

Penulis

  • Rahmawati Rahmawati IAIN Palopo
  • Firman Firman IAIN Palopo
  • Bungawati Bungawati IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3295

Kata Kunci:

Bahan ajar, Cerita bergambar, LKPD

Abstrak

Tujuan penelitian untuk menganalisis kebutuhan dalam mengembangkan LKPD berbentuk cerita bergambar, untuk mengetahui validitas LKPD berbentuk cerita bergambar, dan untuk mengetahui praktikalitas LKPD berbentuk cerita bergambar. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R & D). Penelitian dilakukan di SDN 18 Maroangin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil uji validitas LKPD berbentuk cerita bergambar diperoleh hasil dari ahli materi pembelajaran persentase 83,3% dengan kategori sangat valid. Sedangkan penilaian dari ahli media memperoleh persentase 70% dengan kategori valid dan penilaian dari ahli bahasa memperoleh persentase 77,5% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas yang dilakukan terhadap 28 peserta didik kelas IV dan seorang guru kelas di SDN 18 Maroangin, diperoleh persentase kepraktisan peserta didik 85,04% kategori sangat praktis dan kepraktisan dari guru diperoleh persentase sebesar 85% kategori sangat praktis. Kesimpulannya bahwa LKPD berbentuk cerita bergambar yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar serta mudah digunakan oleh guru maupun peserta didik.

Referensi

Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337%0Ahttp://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337/2706

Aida, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbentuk Cerita Bergambar Menggunakan Model Picture and Picture Pada Pembelajaran Tematik Tema Benda-Benda Sekitar Kita di Kelas V. In EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan (Vol. 02, pp. 136–149).

Amelia, D. J., & Muzakki, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Cerita Bergambar Digital Pada Siswa Kelas IV SD. In Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (Vol. 7, Issue 1, pp. 216–232). https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16168

Bu’ulolo, I., Mendrofa, R. N., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cerita Bergambar di Kelas VIII SMP Swasta Kristen Agios Nikolaos. In Formosa Journal of Applied Sciences (Vol. 1, Issue 4, pp. 461–472). https://doi.org/10.55927/fjas.v1i4.1334

Holipah, S. H., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Media Miniatur Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1677–1686. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5381

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Istiqomah, K., Setyaningrum, V., & Atmaja, D. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artificial Intelligence Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 50–56. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12455

Midya Yuli Amreta. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Lego Warna Bertingkat Di Sekolah Dasar. In Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora (Vol. 1, Issue 1, pp. 01–10). https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1i1.552

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pathul, J., Subhani, A., & Haritani, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Tematik Sekolah. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(2), 429–443.

Prastowo, A. 2014. Panduan Penyusunan LKPD. Yogyakarta: Diva Press.

Rizki, D. A. A., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan LKPD Online Berbasis Kontekstual Untuk Kelas III SDN 9 Mataram. In Renjana Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 4, pp. 312–322).

Thoyyibah, H., Wardana, M., & Prasetyo, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pintar dan Cepat Berhitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(3), 664–672.

Wati, R. S., Nurlaeli, N., & Husni, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7774

Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 4–9. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4906

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles