Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pola Bilangan Siswa Kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Authors

  • Riyantika Diah Rahmawati Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3528

Keywords:

Problem Based Learning, Papan Pola Bilangan, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Abstrak.  Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Kolaborati (PTKK) yang bertujuan untuk penerapan penggunaan model Project-Based Learning (PBL) dan media papan pola bilangan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pola bilangan kelas IVC SDN Karanganyar Gunung 02. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC SDN Karanganyar Gunung 02 yang berjumlah sebanyak 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL) dan bantuan media papa pola bilangan dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas IV C SDN Karanganyar Gunung 02 Sebelum menggunakan Model Pembelajaran Project Base Learning (PBL) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 68. Kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan bantuan papan bola bilangan dengan nilai rata-rata 79,6 atau 72% pada siklus 1 dan 88,4 atau 92% pada siklus 2. Oleh karena itu penerapan model Project-Based Learning (PBL) berbantuan media papan pola bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pola bilangan.

References

Adila, A., Sucipto, S., & Hilyana, F. S. (2022). Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1261-1268.

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 53.

Bahri, Aliem. 2012, “Penelitian Tindakan Kelas”. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Nasution. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Suharni, S. (2021). Meningkatkan Keeaktifan Siswa dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Wide Game Pada Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 13 Tegal. Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 87-92

Tasya, R. N. N., Rahayu, E. S., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kesalahan Operasi Hitung Siswa SMK pada Materi Matriks dengan Pedekatan Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1851– 1853.

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles