Application of Snakes and Ladders Media in Mathematics Learning
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3519Keywords:
Media Pembelajaran, Ular Tangga, Pembelajaran, Tradisional, MatematikaAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi dampak penggunaan media ini terhadap pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis dengan metode kualitatif deskriptis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa yang menggunakan media ular tangga. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan media interaktif dalam meningkatkan hasil pembelajaran matematika pada tingkat awal pendidikan dasar. Studi ini mengevaluasi efektivitas penerapan media ular tangga dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas 1 SD. Melalui pendekatan analisis deskriptif, penelitian ini mengamati peningkatan pemahaman konsep matematika dan tingkat motivasi belajar siswa. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media ular tangga memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional.
Kata Kunci: Media Pembelajaran; Ular Tangga; Pembelajaran; Tradisional; Matematika
References
Arsyad,Azhar.1997.”Metode Pengajara”.Jakarta: PT Raja Grafindo
Hamidah, H. (2021). Upaya Meningkatkan kemampuan berbicara melalui Penggunaan Kartu Bergambar di Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri I Banda Aceh. Serambi Konstruktivis, 3(1), 170-177.
Hardani, Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.
Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di Sdn 1 Tanah Tinggi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 366–377.
Mahdalena dkk. 2024. “Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa/i Baru Berbasis Web”. Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). Vol. 5 No. 1, 2024
Maulana,Irvan.2019.”Analisis Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Mufradat Berbasis Pendekatan Kognitif”.Jurnal Lughawiyah , Vol 2 No 1.
Misbhah. 2020. “Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan KolaborasiSiswa dalam Pembelajaran Matematika”. International Journal of Elementary Education. Volume 4, Number 2
Ningsih, S. K et al. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44-48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48.
Puspitasari N. 2018. “Peningkatan Collaboration Skill Siswa sebagai Kecakapan Abad 21 Melalui Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Mata Pelajaran IPA di SD Negeri Kotagede 1”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 38(7), 2767–3780.
Smith, J. (2023). Penerapan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Tinjauan dari Sudut Pandang Guru. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 3-10.
Subiarto, S. (2021). Penggunaan Media Pohon Akar Pangkat Tiga (Pakar Pati) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 587-606. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.252
Suciati, K., B., M., & Sugiman. (2019). The Single-Case Research of Coastal Contextual Learning Media on the Understanding of Numbers Counting Operation Concept. International Journal of Instruction, 12(3), 681–698. https://doi.org/ttps://doi.org/10.29333/iji.2019.12341a2018040106
Walidin, W., Idris, S., & Tabrani ZA. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan The. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.