Penggunaan Model Examples Non Examples untuk Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nadia Olivia Universitas Terbuka
  • Vivi Indriyani Universitas Negeri Padang
  • Misbahul Munir STAI Ma’had Aly Al-Hakim Malang

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3392

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Alam, Example non Example, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Proses pembelajaran perlu dilakukan inovasi agar pembelajaran tersebut menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran inovatif dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Example Non Example pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hal itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi gaya dengan menggunakan model Example Non Example siswa kelas IV SDN 13 Balai Kurai Taji tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis dan Mc. Taggart dieksekusi dalam dua periode waktu. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 18 siswa kelas IV, 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata awal 62,78 dengan ketuntasan 28%, setelah selesai siklus I meningkat menjadi nilai rata-rata siswa 70,28 dengan ketuntasan 56%. Kemudian pada Siklus II meningkat signifikan menjadi 85 dengan tingkat penyelesaian 89%.

References

Aizzah, B. H., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Pembelajaran Example Non Example (ENE) Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 329–337. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35422

Fathurrohman, M. (2016). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatimah, F. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan Metode Demonstrasi dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(4), 164–172.

Hasniar. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis karangan Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 007 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 30–42.

Hotib, H. (2017). Peningkatan kompotensi keterampilan menulis Siswa Sekolah Dasar melalui Model Example Non Example. Widyagogik, 4(2), 135–144. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i2.2887

Kemmis, & Taggart, M. (2010). The Action Research Planner. Deaken Univercity Press.

Lisa, B., Sudharmanto, G., & Purnomo, E. (2013). Perbedaan minat berwirausaha siswa antara Metode Role Playing dan Metode Examples Non Example. Naskah Publikasi, 1(4), 1–14.

Mujakir, M. (2017). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82.

Nubatonis, T., Uki, N. M., & Leo, M. I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example, Picture and Picture dan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14(1), 31–36. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i1.4827

Nurhhayati, N. (2022). Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sdn 011 Sungai Salak. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 908. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8965

Pratiwi, P., Agung, A. A. G., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Alat Peraga terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17904

Maimunah, S., Rambey, M. J. Nurbaiti. (2021). Peningkatan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam menggunakan strategi permainan ular tangga di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 100204 Sihopur Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(3), 118–121. https://doi.org/10.37081/jipdas.v1i3.85

Rizki, H., Purnomo, E., & Nurdin. (2013). Penanaman nilai sosial mata pelajaran IPS Terpadu menggunakan Model Picture and Picture dan Example Non Examples. JEE (Journal Edukasi Ekobis), 1(4), 1–13. http://doi.org/10.23960/1238

Sabroni, D., Koestoro, B., & Asmiati, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran Example Non Example berbantuan Poster Comment Terhadap pemahaman konsep matematis. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 73–78. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.315

Sari, N., Sumarno, & Trisnawati, F. (2016). Penerapan model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMPS Teladan di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–13.

Siregar, W. A. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Huristak Keywords: Examples Non Examples Learning Model And Mathematical Communication Ability. JURNAL MathEdu (Mathematic Educational Journal), 1(1), 131–135.

Sugijanto. (2018). Peningkatan kemampuan mengidentifikasi Peralatan Las Mig (GMAW) melalui model pembelajaran Examples Non Examples siswa Kelas X TPK SMK Negeri 3 Buduran. E-Journal Wahana Kreativitas Pendidik, 3(1), 19--26.

Sulaeman, A. & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 205-215. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.201

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13--19. https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang efektif dan menyenangkan bagi siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 38–54. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Supardi, K. (2017). Media visual dan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 160–171. https://doi.org/10.36928/jipd.v1i2.266

Surahman, Paudi, R. I., & Tureni, D. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan melalui media gambar kontekstual pada siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 91–107.

Susanti, R. (2014). Pembelajaran model Examples non Examples berbantuan powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 123–127. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3110

Utami, R. T., Gunawan, G., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Model Example Non Example terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Alas. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 18–23. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.348

Wandini, R. R., Sari, P. Z., Rini, N. I., Aprianni, S., & Rahmadani, A. (2022). Menerapkan Proses Keterampilan dalam Pembelajaran IPA di MI/SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2021–2027. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5009

Winangun, I. M. A. (2022). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5009

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Yuliana, Y. (2019). Peningkatan hasil belajar IPA Melalui Metode Example Non Example di Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 005 Padangluas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 229--247. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6591

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles