Efektivitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII dI SMPN 1 Bungoro

Authors

  • Harmayanti Harmayanti STKIP Andi Matappa
  • Herman Alimuddin STKIP andi Matappa
  • Rahmat Kamaruddin STKIP andi Matappa
  • Nuramaliyah Ramadhany

Keywords:

model pembelajaran, knisley, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Knisley terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Bungoro yang berjumlah 251 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu seluruh siswa kelas VII H sebanyak 30 siswa tahun ajaran 2023/2024. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan Model Pembelajaran Knisley sebesar 57,2 dengan standar deviasi sebesar 13,37 . sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Knisley sebesar 80,5 dengan standar deviasi sebesar 9,41. Selanjutnya uji N-Gain diperoleh hasil 0,6 yang menunjukkan berada dalam kategori interval sedang yaitu 0,3 < g ≤ 0,7 sehingga dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Knisley.  Hasil analisis statistika inferensial dengan uji t menggunakan paired sample t test menunjukkan thitung > ttabel (2,045 > -8,086)  yang dalam artian bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan Model Pembelajaran Knisley.

 

 

 

 

Downloads

Published

2025-07-23