Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate, Share, Listen dan Create (FSLC) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 4 Pangkajene
Keywords:
model pembelajaran, Formulate, Share, Listen and Create (FSLC), pemahaman konsep matematikAbstract
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen One Group Pretest- Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B di SMP Negeri 4 Pangkajene tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep siswa sebelum penerapan model pembelajaran FSLC sebesar 19,30 dengan standar deviasi sebesar 4,537. Sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep siswa setelah penerapan model pembelajaran FSLC sebesar 73,57 dengan standar deviasi sebesar 6,119. Hasil analisis statistika inferensial dengan uji t-test menggunakan paired t-test menunjukkan yang dalam artian bahwa ada perbedaan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran FSLC dengan data berdistribusi normal menggunakan uji normalitas. Selanjutnya uji Gain Ternormalisasi diperoleh hasil 0,7 yang menunjukkan berada dalam kategori sedang yaitu 0,3 ≤ g < 0,7 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran FSLC terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Kata Kunci : Model pembelajaran, Formulate, Share, Listen and Create (FSLC), pemahaman konsep.