Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate, Share, Listen dan Create (FSLC) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 4 Pangkajene

Authors

  • arlinda stkip andi matappa
  • ahmad budi sutrisno STKIP andi matappa
  • Andi Yunarni Yusri STKIP andi matappa

Keywords:

model pembelajaran, Formulate, Share, Listen and Create (FSLC), pemahaman konsep matematik

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen One Group Pretest- Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B di SMP Negeri 4 Pangkajene tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep siswa sebelum penerapan model pembelajaran FSLC sebesar 19,30  dengan standar deviasi sebesar 4,537. Sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep siswa setelah penerapan model pembelajaran FSLC sebesar 73,57 dengan standar deviasi sebesar 6,119. Hasil analisis statistika inferensial dengan uji t-test menggunakan paired t-test menunjukkan    yang dalam artian bahwa ada perbedaan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran FSLC dengan data berdistribusi normal menggunakan uji normalitas. Selanjutnya uji Gain Ternormalisasi  diperoleh hasil 0,7 yang menunjukkan berada dalam kategori sedang yaitu 0,3 ≤ g < 0,7 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran FSLC terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Kata Kunci : Model pembelajaran, Formulate, Share, Listen and Create (FSLC), pemahaman konsep.

Published

2025-07-23