Analisis Math Anxiety Dalam Pembelajaran Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP ANDI MATAPPA

Authors

  • wandi wandi STKIP Andi Matappa
  • Rahmat Kamaruddin STKIP Andi Matappa
  • Andi yunarni Yusri STKIP Andi Matappa

Keywords:

math anxiety, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat math anxiety (kecemasan matematis) dalam pembelajaran matematika pada mahasiswa pendidikan matematika semester II tahun ajaran 2023/2024 di STKIP Andi Matappa. Rumusan masalah penelitian ini adalah analisis kecemasan matematis atau yang dikenal dengan istilah “math anxiety” pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan berupa deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terhadap 30 mahasiswa semester II tahun ajaran 2023/2024 di STKIP Andi Matappa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa angket kecemasan matematis dan wawancara. Analisis data angket dilakukan dengan pemberian skor kemudian mengkategorikan tingkat kecemasan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa analisis math anxiety dalam pembelajaran matematika pada mahasiswa pendidikan matematika semester II STKIP Andi Matappa tahun pelajaran 2023/2024 menunjukkan sebanyak 2 orang (7%) dengan kategori kecemasan sangat tinggi, 5 orang (17%) kategori tinggi, 4 orang (13%) dengan kategori sedang, 8 orang (27%) kategori rendah, dan 11 orang (36%) dengan kategori sangat rendah.

Downloads

Published

2025-07-23