Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Canva Pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Nurjannah Nurjannah STKIP ANDI MATAPPA
  • Herman Alimuddin STKIP ANDI MATAPPA
  • Ahmad Budi Sutrisno STKIP ANDI MATAPPA
  • Fauziah Fauziah

Keywords:

Matematika, media canva, ptk

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran berbasis canva dalam bentuk video pada mata pelajaran matematika dengan materi Teorema Phytagoras : Bagaimana penggunaan media pembelajaran video pada aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Pangkep
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tindakan penelitian menggunakan II siklus , setiap siklus dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII. Objek penelitian yaitu pelajaran pendidikan matematika Data diperoleh dari lembar observasi dan tes tertulis.
Hasil penelitian pada setiap siklus dengan menggunakan media canva dalam bentuk video telah mengalami peningkatan, hal ini terbukti dengan nilai rata-rata yang didapat pra siklus 32,57, siklus I 78,53 dan pada siklus II 80,42 Dengan nilai rata-rata diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis canva dalam bentuk video dalam meningkatkan hasil belajar dapat dikatakan berhasil.

Downloads

Published

2025-07-23