Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi SMP Negeri 4 Pangkajene
Keywords:
Media Pembelajaran, Komik Digital, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Mata pelajaran matematika.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperiment One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di SMP Negeri 4 Pangkajene tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis statistic deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep siswa sebelum penerapan media pembelajaran komik digital sebesar 62,83 dengan standar deviasi sebesar 3,667. Sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep siswa setelah penerapan media pembelajaran komik digital sebesar 88,95. Sedangkan standar deviasi sebesar 3,290. Hasil analisis statistika inferensial dengan uji t-test menggunakan paired t-test menunjukkan thitung > ttabel (2,063 ˃-30,217) yang dalam artian bahwa ada perbedaan pemahaman kosep siswa sebelum dan setelah penerapan media pembelajaran komik digital dengan data berdistribusi normal menggunakan uji normalitas. Selanjutnya uji Gain Ternormalisasi diperoleh hasil 0,81 yang menunjukkan berada dalam kategori tinggi yaitu 0,70 ≤ g < 1,00 sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penerapan media pembelajaran komik digital terhadap pemahaman konsep matematika siswa.