Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 10 Maros

Authors

  • NURHIKMA NURHIKMA STKIP ANDI MATAPPA
  • Rahmat Kamaruddin STKIP andi matappa
  • Herman Alimuddin STKIP andi matappa

Keywords:

hasil belajar matematika siswa, flipped classroom, metode resitasi,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII IIS 1 SMA Negeri 10 Maros pada tahun pelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian ini adalah kelas kelas XII IIS 1 SMA Negeri 10 Maros pada tahun pelajaran 2024/2025, yang berjumlah 24 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pemeblajaran flipped classroom dengan metode resitasi. Proses pembelajaran flipped classroom dengan metode resitasi adalah di mana guru memberikan materi pembelajaran dalam bentuk vidio yang harus dipelajari di rumah, di sekolah guru memberikan LKS dikerjakan dalam bentuk kelompok dan salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Dan teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif dan teknik inferensial yang meliputi uji normalitas,uji hipotesis, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa yang dapat di lihat pada tes awal (pretest) skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 35,79 dan meningkat setelah penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan metode resitasi yang dapan di lihat pada tes akhir (posttest) skor rata-rata siswa adalah 78,58.

Downloads

Published

2025-07-23