Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 1 MA'RANG
Keywords:
Model Pembelajaran, Learning Cycle 5E, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang yang berjumlah 126 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu seluruh siswa kelas VII B sebanyak 26 siswa tahun ajaran 2023/2024. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran learning cycle 5E sebesar 24,46 dengan standar deviasi sebesar 5,887 . sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E sebesar 76,23 dengan standar deviasi sebesar 5,286. Hasil analisis statistika inferensial dengan uji t menggunakan paired sample t test menunjukkan thitung > ttabel (2,059 > -43,980) yang dalam artian bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dengan data berdistribusi normal menggunakan uji normalitas. Selanjutnya uji N-Gain diperoleh hasil 0,7 yang menunjukkan berada dalam kategori interval sedang yaitu 0,3 < g ≤ 0,7 sehingga dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Learning Cycle 5E, Hasil Belajar